Jangan Mudah Tergiur, Ikuti 5 Cara Ini supaya Terbebas dari Utang Paylater

Jangan Mudah Tergiur, Ikuti 5 Cara Ini supaya Terbebas dari Utang Paylater

Cara Ini supaya Terbebas dari Utang Paylater | foto: Halodoc--

RADAR TEGAL – Belakangan ini banyak masyarakat menggunakan layanan paylater. Namun tahukah Anda bahwa meskipun mudah untuk dilakukan, jangan sampai Anda terlena dengan kemudahan paylater, ya.

Mudahnya sistem peminjaman dan banyaknya aplikasi pinjaman online atau pinjol, menambah niat kaum muda untuk membeli beragam kebutuhan mereka dengan sistem kredit. Biasanya, mereka menggunakan fitur tersebut untuk belanja bulanan, perbaikan kendaraan, bayar tagihan listrik, air, dan gaya hidup.

Diketahui, generasi milienial diberi label Buy Now, Pay Later Generation oleh aplikasi survey, Jakpat. Hal ini karena, mereka memiliki kebiasaan untuk mengutamakan pembayaran melalui cicilan dengan suku bunga terendah ketika hendak membeli sesuatu.

Namun, meskipun generasi milenial dan Gen Z sudah terbiasa kredit, Studio Northwestern Mutual menemukan sebanyak 45% dari generasi milenial dan 43% dari generasi Z merasa bersalah tiap bulannya pada saat melihat tagihan yang ada.

BACA JUGA: Praktis, Syarat dan Cara Daftar DANA Paylater Bunga Rendah untuk Memudahkan Belanja Online

Nah, supaya tidak menyesal dan bisa segera terbebas dari utang, berikut caranya.

Cara Terbebas dari Utang Paylater

1. Hitung anggaran

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk terbebas dari utang paylater yakni dengan menghitung anggaran. Anda perlu menghitung pengeluaran dan pendapatan enam bulan terakhir dan kemudian bagi 6.

Hal ini akan memberi Anda rata-rata dari apa yang telah Anda belanjakan per kategori serta pendapatan rata-rata.  Setelah selesai menghitung anggaran, Anda akan mengetahui berapa dana yang Anda sisihkan tiap bulan untuk membayar Pay Later.

Dengan cara ini, Anda bisa terbebas dari kata menyesal dan segera melunasi utang dengan anggaran yang sudah Anda alokasikan.

2. Mulai terapkan aturan 50-30-20

Bagi Anda yang ngekost bisa menggunakan 50% dari pendapatan Anda untuk biaya operasional seperti utilitas, bayar kost, biaya makan. Kemudian, 30% untuk menabung dan 20% untuk dana darurat.

BACA JUGA: Risiko Kerugian Menggunakan Paylater untuk Beli Laptop, Pertimbangkan Sebelum Malah Boncos

Nah, bagi Anda yang tidak memiliki biaya sewa, maka gunakan 50% untuk biaya operasional, 30% untuk menabung, dan 20% untuk dana darurat.

Lalu, bagaimana dengan biaya bayar kredit? Anda bisa bayar kredit dengan uang tabungan, secara tidak langsung Anda sama saja menabung untuk barang yang Anda inginkan.

Dengan membagi anggaran ke dalam beberapa poin, maka Anda akan mudah dalam melunasi utang.

3. Terapkan gaya hidup minimalis

Cara melunasi utang dengan cepat berikutnya yakni dengan menerapkan gaya hidup minimalis. Gaya hidup minimalis bukan berati Anda tidak memiliki utang, ya.

BACA JUGA: 7 Trik Jitu agar Tidak Ketergantungan Paylater untuk Belanja, Gak Perlu Sampai Ngutang!

Namun, apabila Anda mampu memangkas pengeluaran dan rela untuk menurunkan gaya hidup, maka dampak hidup minimalis akan cepat dan rasakan. Lihatlah pengeluaran Anda yang tidak penting, seperti makan di luar, membeli barang flash sale.

Anda akan merasakan terdapat lebih banyak uang yang tersisa dengan menerapkan gaya hidup minimalis dan akhirnya bisa dengan cepat melunasi utang.

4. Cari penghasilan tambahan

Mendapatkan uang tambahan bisa dari mana saja mulai dari freelance, buka usaha bareng teman, atau bahkan menjual barang Anda yang sudah tidak terpakai. Dengan menjual barang yang sudah tidak terpakai atau preloved cukup efektif dan merupakan sumber penghasilan baru, lho.

Anda juga bisa memanfaatkan sosial media Anda atau aplikasi e-commerce seperti carousell, OLX, Shopee, dan masih banyak  lagi. Dengan begitu Anda bisa cepat melunasi utang paylater Anda.

BACA JUGA: Cara Aktivasi Tokopedia PayLater Terbaru, Belanja Akhir Tahun Murah Meriah Pakai Promo KESAMBER 12.12

Demikian ulasan mengenai cara terbebas dari utang paylater. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: