Keren! Pemkab Brebes Dapat Penghargaan Prestasi Level 3 UKPBJ Proaktif

Keren! Pemkab Brebes Dapat Penghargaan Prestasi Level 3 UKPBJ Proaktif

Sekda Brebes saat menerima atas pencapaian prestasi level 3 atas Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Proaktif 2023.(istimewa )--

RADAR TEGAL - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes menerima penghargaan atas pencapaian prestasi level 3 atas Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Proaktif 2023. Penghargaan tersebut didapat Pemkab Brebes dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Penghargaan ini disampaikan Ketua LKPP Hendar Prihadi melalui Sekda Provinsi Jawa Tengah Sumarno dan diterima Sekda Brebes Djoko Gunawan di sela Rakor UKPBJ Kabupaten/Kota Se Provinsi Jawa Tengah di gedung Musdalifah, Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Selasa 28 November 2023.  

Sekda Brebes menyampaikan, penghargaan yang diterima sangat penting karena pengadaan barang/jasa (PBJ) pemerintah memiliki peranan penting dalam pelaksanaan pembangunan nasional. Terutama dalam meningkatkan pelayanan publik, serta berkontribusi dalam peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

"Prestasi ini merupakan hasil kerja keras dan komitmen dari seluruh jajaran Pemkab Brebes, terutama rekan-rekan pengelola PBJ, dalam menerjemahkan perintah Pj Bupati, sehingga target yang diinginkan tercapai," ujarnya.

BACA JUGA:Tahun 2024, Pemkab Brebes Bakal Lakukan Percepatan Pembangunan Infrastruktur

Dia berharap, prestasi yang baru diraih diharapkan dapat meningkatkan UKPBJ Pemkab Brebes untuk lebih memaksimalkan kompetensi dalam memberikan pelayanan terbaik dalam proses PBJ di Kabupaten Brebes. 

Adapun kriteria penilaian didasarkan pada beberapa faktor yaitu tingkat kematangan proaktif pada tahun 2022, tingkat keterisian pejabat fungsional minimal 60%, nilai Indeks Tata Kelola Pengadaan (ITKP) minimal baik (lebih dr 70%) serta Pimpinan tertinggi tidak terjerat permasalahan hukum di bidang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Kabupaten Brebes mendapatkan penghargaan tingkat kematangan level 3 proaktif. Ini karena telah menjalankan fungsi PBJ dengan berorientasi pada pemenuhan kebutuhan pelanggan melalui kolaborasi, penguatan fungsi perencanaan bersama pelanggan internal maupun eksternal. 

Kepala Bagian Layanan Pengadaan Setda Brebes Ismawan Nur Laksono menyampaikan ada beberapa indikator dalam penilaian penghargaan tersebut. Yakni, mulai UKPBJ sejak identifikasi kebutuhan, perencanaan, penganggaran sampai dengan proses evaluasi merupakan bagian dari penilaian indikator ini. 

"Terima kasih atas dukungan dan support dari seluruh stakeholer sehingga Kabupaten Brebes dapat mencapai level ini," pungkasnya. (*)

Sumber: