Selisih Rp16 Jutaan! Ini Perbedaan Avanza dan Veloz, Manakah yang Lebih Unggul?

Selisih Rp16 Jutaan! Ini Perbedaan Avanza dan Veloz, Manakah yang Lebih Unggul?

Perbedaan Avanza dan Veloz--

RADAR TEGAL – Veloz kini bukan lagi bagian dari keluarga Avanza. Apabila Anda disuruh memilih dengan selisih Rp16 jutaan, manakah yang akan Anda pilih?

Avanza dan Veloz merupakan dua Low MPV andalan dari Toyota. Dulu, keduanya berada dalam satu keluarga. Namun pada November 2023 Avanza dan Veloz sudah resmi bercerai.

Avanza diketahui menawarkan dalam beberapa varian, begitu juga dnegan Veloz. Untuk soal harga, Avanza masih lebih murah dibandingkan dengan saudara kandungnya yang sudah bercerai tersebut.

Avanza paling murah dijual mulai dari Rp233,1 juta hingga Rp272,5 juta. Sementara untuk Veloz paling murah Rp288,7 juta hingga Rp335, 8 juta.

Untuk selisih harga antara keduanya mencapai Rp16 jutaan. Lalu, apa saja perbedaannya?

BACA JUGA: New Xpander Cross Lebih Irit Dibanding Mobil MPV Lain, Konsumsi BBM Luar Kota Tembus 20 Km per Liter

Perbedaan Avanza dan Veloz

Jika dilihat dari tampilannya, Veloz dan Avanza sudah berbeda, Avanza masih mengusung grille depan horizontal sedangkan Veloz honeycomb.

Kemudian, dimensi Veloz sedikit lebih besar. Veloz memiliki panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm.

Sedangkan Avanza panjangnya 4.395 mm, lebar 1.730 mm, dan tinggi 1.665 mm.

Untuk mesinnya, diketahui sama-sama masih mengusung 2NR-VE berkapasitas 1.496 cc. Mesin tersebut bisa menghasilkan tenaga maksimal 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 14 kg.m pada 4.200 rpm.

Adapun perbedaannya, Avanza termahal mengusung transmisi CVT sementara Veloz paling murah dibekali dengan transmisi manual 5 percepatan.

BACA JUGA: 5 Mobil MPV Terbaik Tahun 2023, Salah Satunya Bisa Jadi Sudah Jadi Milik Anda

Keduanya pun sama-sama memiliki tangki berkapasitas 43 liter. Untuk fitur avanza termahal sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, EBD,  dan BA.

Ukuran bannya 195/60 R16 Allot with Machining. Kemudian, dari sisi keamanan terdapat vehicle stability control, hill start assist, seat belt warning hingga baris ketiga, alarm dan immobilizer, dua titik sensor parkir belakang, dua airbag, dan isofix.

Berikutnya, untuk varian Veloz terendah mengusung sistem pengereman ABS, EBD, BA dengan ukuran ban yang sama.

Rem parkir yang digunkan Veloz murah ini sudah menggunakan Electric Parking brake with Auto Brake Hold.

BACA JUGA: Ketahui 5 Cara Merawat Mobil MPV, Usia Mobil Jadi Lebih Panjang

Tidak hanya itu, seat belt warning pada Veloz termurah juga sudah tersedia hingga baris  ketiga, terdapat juga dua titik sensor parkir belakang dan kamera parkir belakang.

Dua airbag sudah tersemat di Veloz varian termurah ini, seperti halnya Avanza termahal. Veloz paling murah juga sudah memiliki isofix.

Apabila diperhatikan secara fitur keduanya sama persis. Dengan selisih Rp16 jutaan, kira-kira Anda pilih Avanza paling mahal atau Veloz termurah?

BACA JUGA: Ketahui 5 Cara Merawat Mobil MPV, Usia Mobil Jadi Lebih Panjang

Demikian ulasan mengenai perbedaan Avanza dan Veloz. Semoga bermanfaat. (*) 

Sumber: