Nasabah Wajib Tahu! Ini Risiko Galbay Pinjol yang Harus Dihindari

Nasabah Wajib Tahu! Ini Risiko Galbay Pinjol yang Harus Dihindari

Risiko Galbay Pinjol--

RADAR TEGAL - Pinjaman online menjadi salah satu solusi terbaik untuk menutupi kebutuhan financial. Apalagi dengan kecepetan proses Anda bisa langsung mendapatkan pinjaman. Namun jangan sampai melakukan galbay pinjol jika tidak ingin mendapatkan risiko didalamnya.

Oleh karena itu kami akan membagikan risiko galbay pinjol yang dapat Anda ketahui. Simak artikel ini sampai selesai jika Anda penasaran dengan risikonya.

Banyak platform yang menawarkan pinjaman online baik yang legal maupun ilegal. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati dalam memilihnya.

Namun bagi Anda yang sudah termasuk pengguna pinjol, jangan sampai melakukan galbay ya. Berikut risiko galbay pinjaman online yang dapat Anda pahami dibawah ini.

BACA JUGA: DC Pinjol Tak Boleh Tagih Utang Lewat dari Pukul 19.00, Nasabah Galbay Bisa Tidur Nyenyak

Risiko Galbay Pinjol

1. Masuk dalam Blacklist SLIK OJK

Setiap kali mengajukan pinjaman online, Anda pasti akan diminta untuk memberikan dokumen data pribadi sebagai syarat kepada pihak fintech.

Dokumen tersebut biasanya meliputi KTP, KK, NPWP, akun internet banking, dan juga slip gaji. Walaupun sederhana, adanya syarat ini ternyata bertujuan agar pihak fintech bisa mengetahui identitas diri nasabah, seperti nama lengkap, alamat rumah, pekerjaan, alamat kantor, nomor kontak orang terdekat dan lain sebagainya.

Jika sampai tidak mampu melunasi cicilan pinjaman online, Anda harus bersiap menerima konsekuensi berupa data pribadi dilaporkan ke OJK dan masuk ke daftar hitam layanan pinjaman.

Jangan dianggap remeh. Masuk ke daftar hitam ini berarti Anda akan kesulitan, atau bahkan tidak mungkin lagi mengharap bantuan finansial kepada lembaga keuangan yang ada di Indonesia.

Kalau hal ini sampai terjadi, saat mengalami masalah keuangan yang pelik di kemudian hari, Anda tidak akan lagi mendapat kesempatan untuk bisa bangkit dari keterpurukan. Karena itu, penting bagi Anda untuk selalu menjaga skor kredit agar senantiasa positif dengan cara membayar tagihan dari pinjaman jenis apapun tepat waktu. Dengan begitu, Anda akan dipercaya untuk melakukan pinjaman kembali di saat krusial dan benar-benar mendesak ke depannya.

2. Denda serta Beban Bunga yang Terus Menumpuk

Sudah menjadi rahasia umum jika Anda harus membayar denda keterlambatan saat tidak mampu melunasi cicilan pinjaman online tepat waktu. Dengan sengaja tidak melunasi pinjaman online, beban denda ini akan terus berlangsung dan secara akumulatif membuat utang Anda makin menumpuk.

Sumber: