Tak Perlu Panik, Begini 7 Cara Menghindari Kedatangan DC Pinjol ke Rumah atau Tempat Kerja Paling Efektif

Tak Perlu Panik, Begini 7 Cara Menghindari Kedatangan DC Pinjol ke Rumah atau Tempat Kerja Paling Efektif

Ada 7 cara menghindari kedatangan DC pinjol ke rumah maupun tempat kerja, yang efektif dan sesuai aturan.--

RADAR TEGAL - Kehadiran debt colector atau DC pinjaman online masih menjadi momok yang menakutkan bagi nasabah yang mengalami kendala pembayaran utangnya. Itulah sebabnya, tak sedikit yang mencari berbagai cara untuk menghindari kedatangan DC pinjol.

Apalagi hampir semua platform pinjol, baik legal maupun ilegal menyediakan layanan penagihan utang. Dalam artikel ini akan membahas tentang cara paling efektif untuk menghindari kedatangan DC pinjol.

Sekadar informasi, biasanya sebelum DC pinjol datang ke rumah, mereka akan mengintimidasi melalui pesan teks atau panggilan telepon. Lalu bagaimana cara untuk menghindari kedatangan DC pinjol?

7 cara untuk menghindari kedatangan DC pinjol

Yang perlu nasabah ketahui, penagih utang baik dari lembaga penyedia pinjol maupun pihak ketiga pasti akan datang menemui konsumen yang mempunyai tagihan. Utamanya cicilan yang tertunda, atau belum terbayar saat pinjamannya jatuh tempo.

Di bawah ini, beberapa hal yang bisa nasabah lakukan saat didatangi ataupun mendapatkan ancaman atau teror dari dc pinjol. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Pahami Hak dan Kewajiban Sebelum Meminjam 

Sebelum mengajukan pinjaman, setiap calon peminjam akan diberikan informasi tentang hak dan kewajiban mereka sebagai peminjam melalui aplikasi atau situs web pinjol tersebut.

Penting untuk memahami dengan cermat informasi ini, agar tidak terjadi salah paham yang dapat mengakibatkan kedatangan debt collector pinjol ke rumah Anda. Karena itu, pahami dari awal cara menghindari kedatangan DC pinjol tersebut.

2. Pinjamlah dengan Nominal yang Rasional

Sebagian besar kasus debt collector pinjol mendatangi rumah debitur karena mereka tidak mampu membayar angsuran. Karena itu, pastikan bahwa jumlah pinjaman yang diajukan adalah wajar dan sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Hal ini dilakukan agar angsuran dan bunga yang harus Anda bayar tidak terlalu memberatkan.

3. Bayarlah Tagihan Tepat Waktu

Biasanya, debt collector pinjol datang ke rumah debitur karena mereka terlambat dalam membayar angsuran. Karena itu, sangat penting untuk selalu melakukan pembayaran angsuran tepat waktu, sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

Sumber: