4 Tantangan Besar Menanti Bupati Karanganyar dan Pj Bupati Cilacap Usai Dilantik Pj Gubernur Jateng

4 Tantangan Besar Menanti Bupati Karanganyar dan Pj Bupati Cilacap Usai Dilantik Pj Gubernur Jateng

Bupati Karanganyar dan Pj Bupati Cilacap resmi dilantik Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana, Senin 20 November 2023.-Humas Pemprov Jateng-

3. Kemiskinan Ekstrem

Selain itu, tantangan berikutnya yang musti dihadapi adalah persoalan kemiskinan ekstrem. 

Nana menyebut, kemiskinan di Kabupaten Karanganyar tercatat pada angka 9,76 persen atau sekitar 88,6 ribu orang. Sementara untuk Kabupaten Cilacap kemiskinan ekstrem masih 11 persen pada tahun 2022.  

4. Angka Stunting

Menurut Nana, angka stunting di  Kabupaten Karanganyar tercatat sebanyak 22,3 persen pada tahun 2022. Sedangkan untuk angka stunting di Kabupaten Cilacap berada pada 17,6 persen.

“Masalah kemiskinan ekstrem dan stunting yang harus ada langkah-langkah konkret di masyarakat," tegas Nana. 

BACA JUGA:Gowes Semarang - Guci Tegal Sepanjang 198 KM, Sekda Promosi Wisata Jateng

Untuk diketahui, Rober Christanto dilantik sebagai Bupati Karanganyar untuk menggantikan Juliyatmono yang mengundurkan diri. Sebelumnya Rober menjabat sebagai Wakil Bupati Karanganyar.

Sedianya masa jabatan Juliyatmono dan Rober (Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar) akan selesai pada 15 Desember mendatang. Namun Juliyatmono mengundurkan diri sebelum akhir masa jabatannya. 

Adapun Sekda Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri dilantik menjadi Pj Bupati Cilacap menggantikan Yuni Dyah Suminar. Sebelumnya, Yuni dilantik menjadi Pj Bupati Cilacap untuk menggantikan Bupati dan Wakil Bupati terdahulu yang habis masa jabatannya.

Nana menyampaikan terima kasih kepada mantan Bupati Karanganyar, Juliyatmono yang telah memimpin hampir lima tahun pada periode 2018-2023. Ucapan terimakasih juga disampaikan kepada Pj Bupati Cilacap sebelumnya, Yuni Dyah Suminar, yang melaksanakan tugas selama satu tahun. (*)

Sumber: