Segudang Resiko Paylater yang Harus Kamu Tau, Jangan Ketagihan Make!

Segudang Resiko Paylater yang Harus Kamu Tau, Jangan Ketagihan Make!

Segudang Resiko Paylater yang Harus Kamu Tau, Jangan Ketagihan Make!-ekonomi - ilustrator by devanap-radar tegal

RADAR TEGAL - Paylater adalah metode pembayaran yang semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia, terutama di kalangan milenial.

Paylater memungkinkan pengguna untuk membeli barang atau jasa sekarang dan membayarnya nanti dalam bentuk cicilan. Kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan oleh paylater membuat metode pembayaran ini semakin digemari.

Namun, di balik kemudahan dan fleksibilitas yang ditawarkan, paylater juga memiliki sejumlah risiko yang perlu diwaspadai. Risiko-risiko tersebut dapat merugikan pengguna, baik secara finansial maupun non-finansial.

Risiko utama dari paylater adalah bunga yang tinggi. Bunga paylater bisa bervariasi, tergantung pada kebijakan penyedia layanan masing-masing. Namun, rata-rata bunga paylater berada di kisaran 2% hingga 4%.

BACA JUGA:Mudah Banget, Ternyata Begini Cara Pakai Paylater BCA untuk Belanja

BACA JUGA:5 Hal yang Membuat Limit Paylater Kecil Saat Baru Daftar, Apakah Anda Mengalami?

Bunga pinjaman paylater yang dibebankan kepada kamu sebagai pengguna tentunya akan mempengaruhi kondisi keuangan kamu. Sebab, kamu jadi perlu mengeluarkan budget lebih untuk membayar cicilan.

Segudang Resiko Paylater

1. Keterlambatan pembayaran

Jika kamu tidak membayar cicilan paylater tepat waktu, maka kamu akan dikenakan denda keterlambatan. Denda keterlambatan paylater juga bisa bervariasi, tergantung pada kebijakan penyedia layanan masing-masing. Namun, denda keterlambatan paylater biasanya cukup tinggi, sehingga dapat membebani keuangan kamu.

2. Pengaturan keuangan yang terganggu

Kemudahan fitur paylater seringkali menjadi penyebab terganggunya pengaturan keuangan pribadi karena adanya cicilan yang datang. Jika kamu tidak bijak dalam menggunakan paylater, maka kamu bisa terjebak dalam utang yang sulit untuk dilunasi.

3. Ada biaya yang tidak disadari

Dalam menggunakan paylater tanpa kita sadari ada biaya lain yang ikut aktif seperti biaya subscription, biaya cicilan, dan biaya lainnya. Biaya-biaya tersebut dapat membebani keuangan kamu, sehingga penting untuk mengetahui biaya-biaya yang akan dikenakan sebelum menggunakan paylater.

Sumber: