Bakal Jadi Event Internasional, 10.453 Pelari Siap Ramaikan Borobudur Marathon 2023

Bakal Jadi Event Internasional, 10.453 Pelari Siap Ramaikan Borobudur Marathon 2023

Pj Gubernur Jateng foto bersama dengan penyelenggara Borobudur Marathon 2023.-Humas Pemprov Jateng-

RADAR TEGAL - Ajang atleik Borobudur Marathon digadang-gadang bakal menjadi event lari internasional. Pada gelaran 2023 ini, event lari terbaik di tingkat nasional itu diikuti 10.453 pelari dari dalam dan luar negeri.

Borobudur Marathon di Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, mulai dilangsungkan Minggu 19 November 2023.

"Ini menjadi event tahunan. Dan ke depan kita harapkan akan semakin meningkat. Harapannya ke depan akan menjadi event internasional," kata Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana saat Konferensi Pers Borobudur Marathon di Ruang Aloe Vera Hotel Grand Artis, Sabtu 18 November 2023.

Saat ini, lanjutnya, Borobudur Marathon merupakan event lari terbaik di tingkat nasional. Maka, pihaknya meminta agar penyelenggaraan ke depan bisa ditingkatkan ke level internasional, seperti Tokyo Marathon atau Berlin Marathon. 

BACA JUGA: Etape Terakhir Tour de Borobudur 2023 Kampanyekan Keselamatan Penerbangan Bandara Ngloram Blora

Untuk mewujudkannya, menurut Nana, tentu penyelenggaraannya harus lebih profesional dan berkolaborasi dengan banyak pihak.

Dalam event kali ini, penyelenggara Borobudur Marathon adalah Bank Jateng bekerja sama dengan Harian Kompas.

Sementara itu, Wakil Pemimpin Umum Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan, pada kegiatan ini menghadirkan Delegasi Teknis dari Asosiasi Marathon Dunia, Richard Welsh. 

Richard akan mengeveluasi semua persiapan dan penyelenggaraan Borobudur Marathon. Dia bercita-cita Borobudur Marathon menjadi salah satu event atletik berlabel internasional.

BACA JUGA: 5 Mitos Candi Borobudur: Dari Adanya Arsitek Misterius Sampai Kunto Bimo yang Penuh Misteri

"Mengapa itu penting? karena kita ingin meningkatkan Borobudur Marathon pada level standar internasional," kata Budiman. 

Lebih lanjut, Budiman menyampaikan, kompetisi utama Borobudur Marathon Powered by Bank Jateng terbagi menjadi tiga kategori. Yakni 10K, half maraton 21K dan marathon 42K.

Kategori 10K diikuti 4.159 orang, half marathon 4.646 orang dan marathon sebanyak 1.663 orang. Sehingga, total pelari yang bergabung sebanyak 10.453 orang. 

Sumber: