Asal-usul dan Makna Mitos Kejatuhan Cicak, Ternyata Faktanya Mengejutkan

Asal-usul dan Makna Mitos Kejatuhan Cicak, Ternyata Faktanya Mengejutkan

Asal-usul dan Makna Mitos Kejatuhan Cicak, Ternyata Faktanya Mengejutkan-mitos-radar tegal

RADAR TEGAL - Cicak adalah salah satu hewan reptil yang paling umum ditemukan di Indonesia. Hewan ini sering dianggap sebagai hama karena memakan serangga dan mengganggu kenyamanan manusia. Namun, cicak juga sering dikaitkan dengan berbagai mitos, salah satunya adalah mitos kejatuhan cicak.

Menurut mitos tersebut, kejatuhan cicak di kepala seseorang merupakan pertanda kematian. Mitos ini telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia selama berabad-abad. Namun, apakah mitos ini benar?

Mitos kejatuhan cicak diperkirakan berasal dari kepercayaan Hindu-Buddha. Dalam kepercayaan tersebut, cicak dianggap sebagai hewan yang kotor dan menjijikkan. Cicak juga sering dikaitkan dengan roh-roh jahat.

Pada zaman dahulu, orang-orang percaya bahwa kejatuhan cicak di kepala seseorang merupakan pertanda bahwa orang tersebut akan meninggal dunia. Hal ini karena cicak dianggap sebagai perantara roh-roh jahat yang akan membawa kematian.

BACA JUGA:Mitos Pantai Larangan Kabupaten Tegal Konon Terdapat Sosok Putri Cantik, Mari Kita Telusuri

BACA JUGA:Mitos Waduk Cacaban Tegal yang Masih Dipercaya Masyarakat: Tumbal dan Sosok Penunggu yang Bikin Merinding

Penyebaran Mitos Kejatuhan Cicak

Mitos kejatuhan cicak tersebar luas di Indonesia dan beberapa negara Asia lainnya, seperti Malaysia, Thailand, dan Vietnam. Mitos ini juga ditemukan di beberapa negara Afrika dan Amerika Selatan.

Di Indonesia, mitos kejatuhan cicak masih dipercaya oleh sebagian besar masyarakat, terutama masyarakat yang tinggal di pedesaan. Mitos ini sering menjadi bahan obrolan di masyarakat dan menjadi salah satu hal yang tabu untuk dibicarakan.

Pendapat Para Ahli

Para ahli berpendapat bahwa mitos kejatuhan cicak tidak memiliki dasar ilmiah. Mereka mengatakan bahwa kejatuhan cicak di kepala seseorang hanyalah sebuah kebetulan.

Menurut para ahli, cicak tidak memiliki kemampuan untuk memprediksi kematian seseorang. Cicak adalah hewan yang tidak berbahaya dan tidak memiliki hubungan dengan dunia roh.

BACA JUGA:Mitos Gunung Tangkuban Perahu yang Kontroversial, Menguak Keajaiban di Ketinggian 2.084 Meter

BACA JUGA:Mitos Banyak Jerawat Banyak Pacar Apakah Benar? Ini Data dan Faktanya

Sumber: