Tingkatan Kompetensi 33 Penilik Sekolah, Disdikbud Kabupaten Tegal Gelar Bimtek

Tingkatan Kompetensi 33 Penilik Sekolah, Disdikbud Kabupaten Tegal Gelar Bimtek

Sekretaris Disdikbud Kabupaten Tegal memberikan pencerahan digelaran bimtek kompetensi penilik sekolah.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Upaya meningkatkan kompetensi penilik sekolah dalam menjalankan tugas pendampingan ke satuan pendidikan dilakukan Disdikbud Kabupaten Tegal gelar Bimtek. 

Kegiatan kali ini diikuti 33 penilik sekolah dengan nara sumber BBPMP Jawa Tengah dan Disdikbud Kabupaten Tegal.

Kepala Disdikbud Fakihurochim melalui sekretaris dinas Winarto SE MM berkesempatan membuka kegiatan yang digelar di aula lantai II hotel Grand Dian Slawi. 

"Diharapkan dari kegiatan Bimtek ini, penilik sekolah dapat lebih siap menghadapi perubahan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang. Kami harapkan dapat berperan aktif dalam mendukung implementasi kurikulum Merdeka Belajar di satuan pendidikan mereka masing-masing," ujarnya Jumat 17 November 2023.

BACA JUGA:Kereen! SMPN 1 Balapulang Juara 1 Lomba Jurnalistik Disdikbud Kabupaten Tegal

BACA JUGA:Disdikbud Kabupaten Tegal Bentuk Tim Pencegahan dan Penanggulangan Kekerasan Tingkat PAUD

Pihaknya mengatakan bahwa bimtek ini menjadi langkah awal yang sangat positif dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah-sekolah di Kabupaten Tegal, serta menyongsong masa depan pendidikan yang lebih baik. 

"Dengan kompetensi managerial dan supervisi yang ditingkatkan, para penilik dan pengelola pendidikan dapat memberikan kontribusi positif yang lebih besar bagi kemajuan pendidikan di wilayah ini," cetusnya.

Adapun materi yang diberikan pihak BBPMP Jawa Tengah mencakup perubahan dalam pendekatan pembelajaran, pengelolaan kurikulum, dan aspek-aspek penting lainnya dalam dunia pendidikan. Sehingga mudah diterapkan dalam pendampingan oleh penilik sekolah kepada kepala sekolah di satuan pendidikan.

"Peran penilik sekolah dalam pengelolaan kurikulum dan fasilitas pengawas, disini diberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana peran mereka telah berubah dalam konteks Kurikulum Merdeka Belajar yang tengah diterapkan secara nasional. Peserta memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan narasumber yang sangat kompeten di bidangnya. Bimtek ini menjadi wadah yang sangat berharga untuk menyampaikan pendapat, pertanyaan, dan pemikiran mereka terkait dengan perubahan dalam peran penilik sekolah," ungkapnya. (adv)

Sumber: