Gelar Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri di 4 Sekolah, Polres Tegal Gandeng Biro SDM Polda Jateng

Gelar Sosialisasi Penerimaan Anggota Polri di 4 Sekolah, Polres Tegal Gandeng Biro SDM Polda Jateng

ANTUSIAS - Siswa-siswi SMA di Kabupaten Tegal antusias mendengarkan sosialisasi penerimaan anggota Polri.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Bersama Biro SDM Polda Jateng, jajaran Polres Tegal mendatangi 4 sekolah di Kabupaten Tegal. Tujuannya untuk sosialisasi penerimaan anggota Polri.

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SH SIK melalui Kabag SDM Andy Wasono, S.Psi., M.Psi., Psikolog menyatakan, Biro SDM Polda Jateng memberikan sosialisasi penerimaan anggota Polri di 4 sekolah. Di antaranya SMAN 3 Slawi, SMAN 2 Slawi, SMAN 1 Slawi, dan SMKN 2 Slawi. 

Persyaratan umum dan persyaratan khusus yang wajib dipenuhi dalam penerimaan anggota Polri dijelaskan dengan seksama. Termasuk jenis rekruitmen anggota polri yang dibuka berupa jenjang Tamtama, Bintara, SIPSS (Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana) dan Akpol (Akademi Kepolisian).  

"Ayo persiapkan fisik, mental dan wawasan untuk dapat lulus dalam setiap item tes penerimaan anggota Polri yang sebentar lagi akan digelar," tandasnya, Jumat 17 November 2023.

BACA JUGA:Tanam 10 Juta Pohon di Garis Pantai Larangan, Polres Tegal Lakukan Hal Ini

Penerimaan anggota Polri tersebut punya alur mulai dari pendaftaran online, verifikasi, pakta integritas. Lalu pemeriksaan administrasi awal, pemeriksaan kesehatan tahap I, pemeriksaan psikologi tahap I.

Kemudian CAT Uji Akademi, sidang pemeriksaan kesehatan tahap II, Uji Jasmani dan Atnropometri, pemeriksaan kesehatan tahap II. Penelusuran mental dan kepribadian (PMK), dan psikologi tahap II. 

Pemeriksaan administrasi akhir, hingga tahap akhir adalah sidang kelulusan.

"Dalam Penerimaan Anggota Polri berpedoman pada asas BETAH (Bersih, Transparan, Akuntabel, dan Humanis)," jelasnya. 

BACA JUGA:Cooling System Jelang Pemilu 2024, Kapolres Tegal Kota Ajak Masyarakat Jaga Kondusivitas

Bersih mengandung maksud tidak ada celah bagi peserta, panitia dan siapapun juga untuk melakukan korupsi, kolusi maupun nepotisme sehingga tidak ada intervensi kepada panitia.

Seluruh Tahapan Seleksi dilaksanakan secara terbuka dengan membuka diri terhadap pengawas baik Internal maupun Eksternal.

Pelaksanaan rekruitmen juga dapat dipertanggungjawabkan, dengan pelayanan yang mengedepankan tindakan humanis.

Tercatat sebanyak 950 orang siswa diajak untuk mempersiapkan diri bagi yang berminat untuk bergabung mengabdi sebagai anggota Polri. 

Sumber: