11 Cara agar Nomor Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online, Dijamin Data Aman

11 Cara agar Nomor Kontak Tidak Disadap Pinjaman Online, Dijamin Data Aman

Keamanan privasi adalah hak kalian, jadi pastikan aman dan memilih dengan bijak dalam menggunakan aplikasi pinjaman online.-(freepik | rawpixel.com)-

RADAR TEGAL - Kamu mungkin sering mendengar atau bahkan mengalami kasus di mana nomor kontakmu disadap oleh aplikasi pinjaman online. Ancaman ini bisa menjadi serius, dan untuk melindungi dirimu, ada beberapa langkah yang dapat kamu ambil.

1. Tidak memberikan izin akses kontak

Saat memasuki dunia pinjaman online, aplikasi seringkali meminta izin akses ke kontakmu. Jangan terburu-buru memberikannya jika kamu merasa ragu terkait keamanan aplikasi tersebut. 

Keamanan privasi sangat penting, dan izin akses kontak tidak seharusnya diberikan dengan mudah.

2. Pembaruan izin akses

Jika kamu telah memberikan izin akses kontak pada suatu aplikasi dan ingin mengubahnya, langkah ini dapat membantu. Cari pengaturan izin akses di dalam aplikasi pinjaman online, dan nonaktifkan izin akses kontak jika dirasa tidak diperlukan.

BACA JUGA:Satgas PASTI Blokir 173 Pinjol llegal Nakal, Temukan Ratusan Konten yang Melanggar Kebijakan Data Pribadi

3. Periksa pengaturan privasi WhatsApp

Bagi pengguna WhatsApp, melindungi daftar kontakmu dapat dilakukan dengan memeriksa pengaturan privasi. Di dalam aplikasi, buka Pengaturan > Akun > Privasi > Kontak, dan pilih opsi 'Hanya Saya' agar hanya kamu yang dapat melihat daftar kontak.

4. Periksa kebijakan privasi

Sebelum mengajukan pinjaman online, luangkan waktu untuk membaca kebijakan privasi aplikasi tersebut. Pastikan kamu memahami bagaimana data, termasuk informasi kontak, akan digunakan, dan apakah akan dibagikan dengan pihak ketiga.

5. Aktifkan verifikasi dua langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan tambahan untuk melindungi akun WhatsApp. 

Buka aplikasi, pilih Pengaturan > Akun > Verifikasi Dua Langkah, dan ikuti petunjuk untuk mengaktifkannya. Langkah ini dapat meningkatkan keamanan akunmu secara keseluruhan.

Sumber: