Peneliti Tunjukkan Manfaat Sebenarnya Minyak Zaitun Mampu Tingkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya di Sini

Peneliti Tunjukkan Manfaat Sebenarnya Minyak Zaitun Mampu Tingkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya di Sini

Peneliti Tunjukan Manfaat Sebenarnya Minyak Zaitun Mampu Tingkatkan Kecerdasan Otak, Cek Faktanya Disini--Image By Freepik Then Edited Using Corel Draw | Dimas Adi Saputra

RADAR TEGAL - Siapa sangka penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti menunjukkan minyak zaitun memiliki khasiat meningkatkan kecerdasan otak. Walaupun sekarang banyak orang yang menggunakan minyak zaitun untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

Selain itu juga minyak zaitun sangat bermanfaat apabila dikonsumsi. Di antaranya dapat memberikan manfaat seperti mencegah penyakit stroke, hingga menurunkan resiko penyakit jantung.

Namun, siapa sangka minyak zaitun ternyata memiliki khasiat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini ditunjukkan pada penelitian yang dilakukan oleh sejumlah peneliti.

Minyak zaitun bisa mencerdaskan otak

Sebuah penelitian yang diterbitkan di Annals of Clinical and Translational Neurology menemukan bahwa minyak zaitun dapat membantu melindungi memori dan kemampuan belajar. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang mengonsumsi minyak zaitun memiliki risiko lebih rendah mengalami penurunan daya ingat, peningkatan kemampuan belajar, dan pembentukan plak.

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Minyak Zaitun untuk Rambut, Salah Satunya Bisa Membasmi Kutu

"Kami menemukan bahwa minyak zaitun mengurangi peradangan otak. Namun yang terpenting juga mengaktifkan proses yang dikenal sebagai autophagy," terang Profesor Center for Translational Medicine di LKSOM, Domenico Praticò, MD.

Autophagy sendiri merupakan proses pemeliharaan yang terjadi di dalam tubuh yang digunakan sebagai identifikasi dan pembuangan bagian sel yang sudah rusak. Nah mereka menyebutkan bahwa kurangnya Autophagy yang kurang menjadi penyebab penumpukan sel rusak hingga penuaan dini.

"Sel otak dari tikus yang diberi makanan dengan minyak zaitun memiliki kadar autophagy yang lebih tinggi dan kadar plak amiloidnya berkurang," lanjutnya.

Adapun mereka mengatakan bahwa asam lemak yang terkandung pada minyak zaitun ada kaitannya dengan kecerdasan otak manusia. Penelitian dar University of Illinois melibatkan 99 orang dewasa guna dites bandingkan pola nutrisi asam lemaknya yang terkandung pada sampel darah.

BACA JUGA:Ketahui 6 Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun pada Malam Hari, Salah Satunya Bisa Mencegah Kulit Keriput

Hasilnya kemudian dipublikasikan di Jurnal Neurolmage dan menemukan bahwa kecerdasan otak berkaitan dengan jaringan perhatian dorsal otak. Jaringan tersebut memiliki peran sentral untuk menuntut perhatian hingga pemecahan masalah yang biasa dijumpai sehari-hari.

Adapun studi tersebut menemukan jikalau orang yang memiliki kadar asam lemak tak jenuh yang tinggi, akan mempunyai jaringan otak lebih efesien dari orang biasa. Maka dari itu hasil penelitian ini memang menemukan bahwa asam lemak dapat memperngaruhi tingkat kecerdasaan seseorang.

Dalam studi tersebut juga mereka mencari tahu tentang hubungan antara kelompok asam lemak dan jaringan otak yang ada kaitannya dengan kecerdasan otak. Dengan ini penelitian tersebut berupaya untuk memahami apakah jaringan otak memiliki pengaruh hubungan antara asam lemak dan kecerdasan otak.

Sumber: