UMK Tegal 2024 Hampir Tembus Rp3 Juta Jika UMP 2024 Jateng Naik 15 Persen? Begini Solusi Hemat Gaji Seadanya

UMK Tegal 2024 Hampir Tembus Rp3 Juta Jika UMP 2024 Jateng Naik 15 Persen? Begini Solusi Hemat Gaji Seadanya

Melalui langkah ini, diharapkan pekerja dapat mengelola gaji mereka dengan lebih efisien, bahkan ketika menghadapi kenaikan upah minimum dan kenaikan kebutuhan pokok yang terus naik.-(freepik)-

Dalam mengelola gaji yang terbatas, prioritas menjadi kunci. Identifikasi kebutuhan utama dan berikan prioritas padanya. 

BACA JUGA:Wali Kota Tegal Dedy Yon Minta Pengusaha Muda Gandeng UMKM

Makanan, tempat tinggal, dan tagihan rutin harus menjadi fokus utama, sementara keinginan yang tidak mendesak dapat ditunda untuk sementara waktu.

3. Manfaatkan diskon dan promo

Berbelanja dengan bijak dapat membantu menghemat sejumlah besar uang. Manfaatkan diskon, promo, dan penawaran khusus dari toko-toko lokal atau online. 

Selalu bandingkan harga sebelum membeli barang, dan pertimbangkan untuk membeli barang-barang dalam jumlah besar jika itu lebih ekonomis.

4. Pelajari keterampilan baru yang menguntungkan

Selain mengelola pengeluaran, pertimbangkan untuk meningkatkan keterampilan yang dapat meningkatkan peluang pendapatan tambahan. 

Misalnya, jika kamu memiliki bakat dalam menulis, pertimbangkan untuk menjadi penulis lepas atau memulai blog pribadi. Keterampilan tambahan ini dapat membantu mengisi celah keuangan yang mungkin terjadi.

BACA JUGA:Walikota Tegal Serahkan Hadiah Kepada Pemenang Lomba Wirausaha Muda

5. Simpan sebagian untuk dana darurat

Penting untuk selalu menyisihkan sebagian dari gaji untuk dana darurat. Hal ini dapat memberikan perlindungan finansial saat menghadapi situasi yang tidak terduga, seperti kehilangan pekerjaan atau keadaan darurat lainnya. 

Dana darurat memberikan ketenangan pikiran dan kestabilan finansial dalam jangka panjang.

6. Gali potensi keuangan

Periksa peluang keuangan lokal yang mungkin tersedia untuk pekerja. Beberapa daerah menawarkan program bantuan keuangan atau pelatihan keterampilan gratis. 

Sumber: