Dinkes Kabupaten Tegal Gelar Apel Besar HKN ke-59

Dinkes Kabupaten Tegal Gelar Apel Besar HKN ke-59

Peringatan HKN ke-59 di Kabupaten Tegal--

RADAR TEGAL - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tegal menggelar kegiatan apel Besar, Selasa 14 November 2023 pagi. Hal itu dilakukan untuk memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun ini.

Bertindak sebagai inspektur upacara HKN ke-59 Bupati Tegal Umi Azizah, dengan petugas berasal dari jajaran RST Tk.IV/Pagongan dan iringan Paduan Suara dari Akbid Siti Fatimah Dukuhwaru. Apel akbar juga diikuti institusi kesehatan, seperti Puskesmas, Rumah Sakit, Perguruan Tinggi dan Sekolah, organisasi profesi hingga kader serta dihadiri sejumlah pejabat.

Menteri kesehatan RI dalam sambutan yang dibacakan Bupati Tegal, Dra. H. Umi Azizah mengatakan menghadapi periode bonus demografi, bangsa Indonesia harus mampu memanfaatkan peluang tersebut. Sehingga mampu lolos dari middle-income trap menjadi berpenghasilan tinggi. 

"Oleh karenanya tema HKN ke-59 tahun 2023 transformasi kesehatan untuk Indonesia maju mutlak dilaksanakan. Terdapat enam pilar menuju transformasi kesehatan tersebut,"katanya.

BACA JUGA:HKN 2023, Ini Pesan Kepala Dinas Kesehatan Brebes

Enam pilar itu, kata Menkes, yakni transformasi layanan primer dari fokus mengobati menjadi mencegah. Serta transformasi layanan rujukan, dari akses layanan kesehatan susah menjadi mudah.

"Berikutnya, ada transformasi sistem ketahanan kesehatan, dari industri kesehatan yang bergantung ke luar negeri menjadi mandiri di dalam negeri. Dari yang rentan di masa wabah menjadi tangguh,"ujarnya.

Selanjutnya, katanya, transformasi pembiayaan kesehatan, dari pembiayaan yang tidak efisien menjadi transparan dan efektif dan transformasi SDM Kesehatan, dari tenaga kesehatan yang kurang menjadi cukup dan merata. Juga, transformasi teknologi kesehatan, dari sistem yang terfragmentasi menjadi terintegrasi.

"Transformasi kesehatan harus menjangkau ke seluruh pelosok Indonesia. Tidak terkecuali di daerah terpencil,"jelasnya.

BACA JUGA:HKN, Dewi Aryani Gelar Santunan dan Pengobatan Gratis

Kepala Dinkes Kabupaten Tegal dr. Ruszaeni mengajak segenap tenaga kesehatan untuk selalu memberikan pelayan terbaik kepada masyarakat. Sebab, transformasi kesehatan harus dapat terlaksana di Kabupaten Tegal.

"Sehingga segenap pihak harus bahu membahu untuk mewujudkannya. Karena ini harus terlaksana di Kabupaten Tegal,"tandasnya.

Ketua Panitia Moch. Nurhuda, S.Kep,Ns,M.Kes mengatakan dalam rangka peringatan HKN ke-59 tahun ini, ada berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Yakni, lomba dokter kecil, jambore kader posyandu dan remaja, LCC, kegiatan jalan sehat, bakti social, seminar kesehatan hingga lomba volley, ataupun futsal.

"Melalui momentum HKN ke-59 tersebut, juga disalurkan bantuan air bersih untuk desa-desa di Kabupaten Tegal yang membutuhkan. Acara pun ditutup dengan tasyakuran yang dilaksanakan di pendopo Amangkurat,"jelasnya.  

Sumber: