Latih Anggota Diskusi hingga Menulis, Klub Baca Damar SMAN 1 Brebes Komitmen Cetak Generasi Penerus

Latih Anggota Diskusi hingga Menulis, Klub Baca Damar SMAN 1 Brebes Komitmen Cetak Generasi Penerus

Belasan anggota Klub Baca Damar SMAN 1 Brebes menggelar diskusi tentang materi tentang hukum.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Klub Baca Damar Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Brebes, terus berkomitmen mengasah ketrampilan semua anggotanya. Di antaranya kemampuan berdiskusi, kelas menulis, layanan perpustakaan, dasar kepemimpinan hingga publik speaking. 

Seperti tampak pada pelatihan sekaligus program pengurus baru di Perpustakaan SMAN 1 Brebes. Rangkaian materinya, mulai dari hukum, jurnalistik, kepemimpinan dan penulisan disamping acara lain berupa game game yang menambah wawasan dan kekompakan tim.

Pendiri Ekstrakurikuler Klub Baca Damar sekaligus guru SMAN 1 Brebes Rofi Al Joe mengungkapkan, sebagai klub baca pertama di Kabupaten Brebes, komitmen dan eksis mencetak generasi penerus terus berlanjut. Dengan jumlah keanggotaan yang dibatasi maksimal 21 murid yang melalui proses seleksi ketat, selain kegiatan diskusi, studi luar, kelas menulis, dasar kepimpinan, publik speaking dan lainnya.

"Anggota Klub Baca Damar diajak mengikuti program Keakraban. Tujuannya, lebih mengenal antar anggota dengan serangkaian kegiatan sekitar sekolah dan materi menarik," terangnya kepada Radar Tegal, Sabtu 11 November 2023.

BACA JUGA:Empat Kekayaan Budaya Asli Brebes Masuk WBTB, Apa Saja?

Kegiatan perkenalan, lanjut Rofi, diikuti 15 dari 19 murid SMAN 1 Brebes yang menjadi anggota. Kegiatannya, diskusi tentang sesuatu yang viral, baik sejarah, politik, dan teknologi. 

Kemudian, studi luar ke museum, Perpusda maupun tempat bersejarah lainnya. Selain itu, fun games yang menambah wawasan dan kekompakan tim. 

Termasuk, simulasi membantu tugas perpustakaan meliputi promosi, sosialisasi dan pelayanan.

"Tujuan utama program keakraban, agar sesama anggota Damar lebih akrab dan punya solidaritas kuat. Sehingga, menjadi tim yang solid untuk menambah wawasan dan kekompakan," ujarnya.

BACA JUGA:PENTING! Ini Jadwal dan 23 Lokasi Tempat Tes CAT 5.141 Pelamar PPPK Brebes

Sementara itu, pembina Klub Baca Damar SMAN 1 Brebes Biyutika Rahmanita menambahkan, pihaknya mengapresiasi antusias dan semangat belajar kepengurusan baru Klub Baca Damar. 

Harapannya, motivasi tersebut akan terus memacu eksplorasi dalam menambah literasi wawasan dan ketrampilan. Khususnya, kemampuan dasar seperti kepemimpinan, menulis, hingga publik speaking. (*)

Sumber: