Jangan Panik dan Bingung, Begini 4 Cara Mengatasi Sinyal Smart TV yang Hilang

Jangan Panik dan Bingung, Begini 4 Cara Mengatasi Sinyal Smart TV yang Hilang

Cara Mengatasi Sinyal Smart TV yang Hilang--

RADAR TEGAL – Tahukah Anda bahwa, sejak diberlakukannya penonaktifan TV analogi, cara untuk menonton TV yakni dengan menggunakan TV digital yang sudah mendukung fitur DCV-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation). Salah satunya yakni masyarakat mulai beralih menggunkaan smart TV.

Namun, meskipun sudah beralih ke jenis TV digital, penggunanya tidak terlepas dari beragam masalah yang terjadi.

Salah satunya yakni mengenai sinyal smart TV yang hilang. Sinyal smart TV yang hilang tersebut bisa disebabkan oleh beragam faktor mulai dari aah atau posisi antena, pemasangan kabel, hingga kondisi jarak antara tempat tinggal dengan pemancar sinyal siaran digital yang cukup jauh.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut berikut ini terdapat beberapa cara yang bisa Anda coba.

BACA JUGA: Smart TV TCL Terbaru 98 Inchi Dijual Rp74,9 Juta, Spesifikasinya Bikin Kita Seperti Nonton Bioskop di Rumah

Cara Mengatasi Sinyal Smart TV yang Hilang

1. Cek Koneksi Kabel

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika sinyal smart TV hilang yakni dengan periksa sambungan kabel antara TV dan perangkat sumber.

Umumnya, kabel yang longgar atau dicabut bisa menyebabkan hilangnya sinyal. Oleh karena itu, pastikan Anda periksa kembali kabel yang terlah terhubung apakah aman dan bebas dari risiko kerusakan atau tidak.

2. Lakukan Pemindaian Ualang Saluran

Anda juga bisa melakukan pemindaian siaran ulang pada TV digital. Opsi ini dilakukan untuk mencari saluran-saluran yang tersedia pada area Anda dan memperbaharui daftar saluran TV Anda.

3. Atur Posisi Antena yang Tepat

Cobalah Anda untuk mengatur posisi antena TV. Anda bisa memindahkannya dan mencari tempat yang tepat.

Anda juga bisa mencoba untuk mengubah arah antena ke wilayah dengan kondisi sinyal digital yang lebih kuat. Pastikan juga antena tidak terhalang oleh bangunan, pohon, ataupun gedung, ya.

BACA JUGA: Jangan Kesal, Begini 6 Tips Supaya Smart TV Tidak Lemot

4. Cek Jangkauan Sinyal Siaran TV

Anda bisa mengecek jangkauan sinyal siaran TV digital pada wilayah tempat tinggal. Hal ini dilakukan untuk memastikan apakah saluran tersebut sudah tersedia atau belum di wilayah Anda.

Untuk mengecek sinyal siaan TV, Anda bisa melalui aplikasi SinyalTV digital yang bisa diunduh pada Play Store (Android) atau App Store (iOS).

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi sinyal TV digital yang hilang. Semoga bermanfaat. (*)

Sumber: