5 Risiko Jika Data Pinjol Tidak Dihapus, Hati-hati Disalahgunakan Oknum Nakal!

5 Risiko Jika Data Pinjol Tidak Dihapus, Hati-hati Disalahgunakan Oknum Nakal!

5 risiko jika data pinjol tidak dihapus -freepik-

3) Peretasan data pribadi

Platform pinjaman online legal OJK memang memiliki serangkaian keamanan ketat, namun tidak menjamin data atau sistem keamanannya benar-benar terjaga.

Sebab, jika data pribadi Anda masih tersimpan dalam database atau basis data pada server mereka, maka data Anda bisa berisiko diretas. Peretasan ini bisa memicu pencurian data dalam skala besar dan membahayakan informasi pribadi Anda.

4) Risiko kredit

Risiko jika data pinjol tidak dihapus berikutnya ini yaitu juga bisa mengancam kredit Anda. Anda bisa saja merasa tertekan secara finansial, apalagi jika Anda belum melunasi cicilan. Tentu ini juga bisa mempengaruhi skor kredit Anda.

BACA JUGA : 5 Dokumen yang Harus Dimiliki DC Pinjol Legal Saat Datang ke Rumah, Usir Jika Tidak Punya!

5) Risiko ancaman hukum

Dampak buruk jika data pinjol belum terhapus dan paling fatal yaitu jika data digunakan untuk tindakan-tindakan ilegal atau apapun yang melanggar hukum.

Anda bisa saja terlibat bahkan jadi tersangka dalam investigasi hukum yang padahal Anda tidak ketahui. Hal ini juga sangat mencemarkan nama baik pribadi Anda.

Kesimpulan

Ada sejumlah dampak buruk yang akan terjadi jika data pinjol tidak terhapus. Mulai dari penyalahgunaan data, gangguan privasi, peretasan, risiko pada kredit, sampai ancaman hukum.

Maka dari itu, pastikan data pinjol Anda benar-benar terhapus dari server pinjol agar lebih aman. Anda bisa menghubungi pihak pinjol langsung untuk meminta penghapusan data.

Itulah 5 risiko jika data pinjol tidak dihapus yang bisa diketahui. Semoga informasi ini bermanfaat. (*)

Sumber: