5 Risiko Jika Data Pinjol Tidak Dihapus, Hati-hati Disalahgunakan Oknum Nakal!

5 Risiko Jika Data Pinjol Tidak Dihapus, Hati-hati Disalahgunakan Oknum Nakal!

5 risiko jika data pinjol tidak dihapus -freepik-

RADAR TEGAL – Ada sejumlah risiko yang akan terjadi jika data pinjol tidak dihapus dengan baik. Bahkan, ada ancaman adanya tindak hukum yang bisa melibatkan Anda akibat disalahgunakan oleh oknum nakal.

Risiko jika data pinjol tidak dihapus bisa sangat merugikan Anda, apalagi data tersebut digunakan untuk hal-hal negatif. Meski Anda tidak tahu apapun, Anda tetap bisa harus bertanggungjawab karena yang digunakan adalah atas nama Anda.

Maka dari itu, ketahui 5 risiko berikut jika data pinjol tidak dihapus dengan benar. Pastikan Anda menyimak ulasan ini sampai akhir.

5 risiko jika data pinjol tidak dihapus

Data-data pribadi yang meliputi nama, alamat rumah, nomor telepon, rekening bank, dan sebagainya cukup berisiko kepada Anda jika sampai tersebar.

BACA JUGA : 4 Cara Hapus Data Pinjol yang Belum Lunas, Aman dari Teror Debt Collector!

Seluruh informasi yang bersifat sensitif tersebut biasanya memang digunakan sebagai syarat pendaftaran pinjol sebelumnya. Namun, jika Anda sudah melunasi pinjol dan belum menghapus data pribadi, bisa ada kemungkinan atau risiko buruk yang terjadi.

1) Data disalahgunakan

Jika data pinjol Anda tidak segera dihapus, maka akan ada risiko data Anda bisa disalahgunakan untuk kepentingan pribadi oleh oknum nakal.

Oknum tersebut bisa memanfaatkan informasi pribadi Anda untuk hal-hal negatif bahkan diluar hukum, seperti penipuan, pemalsuan identitas, dan sebagainya.

2) Gangguan privasi

Risiko jika data pinjol tidak dihapus selanjutnya yaitu gangguan privasi sehari-hari. Data pribadi Anda yang masih tersimpan di platform pinjaman online bisa jadi tempat pelanggaran privasi.

BACA JUGA : Kesalahan yang Sering Dilakukan Nasabah Galbay Pinjol Ilegal, Gak Heran Diteror Terus

Bisa saja ada pihak lain yang menggunakan data Anda untuk melakukan spam, panggilan yang mengganggu berkali-kali dengan menawarkan sesuatu, dan sebagainya.

Sumber: