BNN Kota Tegal Blusukan ke Sekolah di Brebes, Ada Masalah?

BNN Kota Tegal Blusukan ke Sekolah di Brebes, Ada Masalah?

Penyuluh BNN Kota Tegal menggelar diskusi dan tanya jawab dengan murid SMPN 3 Bulakamba saat blusukan ke sekolah di Brebes.-Syamsul Falaq-

RADAR TEGAL - Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal blusukan ke sekolah di Brebes, pada Rabu 8 November 2023. Apakah ada sebuah masalah hingga BNN turun ke sekolah?

Selidik punya selidik, BNN Kota Tegal blusukan ke sekolah, tepatnya di SMPN 3 Bulakamba Brebes, ternyata untuk memberikan edukasi dan sosialisasi bahaya narkoba.

Selain itu, juga menggencarkan penyebarluasan informasi Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) di lingkungan sekolah.

Pada kesempatan itu, sebanyak 242 murid SMPN 2 Bulakamba Brebes tampak antusias mengikuti materi yang disampaikan tim Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Tegal.

BACA JUGA:BNN Kota Tegal TNI dan Polri Kosek Semua Blok Lapas Brebes, Ada Apa Ini?

Diseminasi informasi P4GN, dibuka sambutan Waka Kesiswaan SMPN 3 Bulakamba Khuro Ma'fiyah. Tampak hadir, Kasubbid Bakesbangpol Abdul Haris, serta narasumber penyuluh narkoba ahli pratama BNNK Tegal Laelatuz Zahro.

"Bahaya narkoba bagi peserta didik, bagaimana pola peredaran gelap dan modusnya patut diwaspadai. Mengingat, pelajar SMP-SMA menjadi sasaran empuk penyalahgunaan narkoba," ungkap penyuluh ahli pratama BNNK Tegal.

Bagaimana maraknya peredaran gelap narkoba, lanjut Zahro, biasanya menyasar lingkungan sekolah yang rentan. Sebab, marak terjadinya penyalahgunaan dipicu kurangnya pengawasan lingkungan. 

Termasuk, optimalisasi pencegahan penyalahgunaan narkoba meliputi 3 konsep ketahanan diri remaja.

BACA JUGA:Gema Perangi Narkoba, BNN Kota Tegal Gandeng Seluruh Instansi Pemerintah

"Yakni, pentingnya Self Regulation,  Assertiveness dan Reaching Out. Bahkan, penyuluhan bahaya narkoba diselingi drama anti narkoba yang diperankan murid SMPN 3 Bulakamba. Serta, ditutup yel-yel mewujudkan Sekolah Bebas Narkoba," ujarnya.

Laelatuz Zahro menuturkan, kemampuan mengontrol diri sendiri meliputi mengelola pikiran, perasaan, dorongan, dan keinginan untuk mencapai tujuan tertentu di masa yang akan datang. 

Kemudian, ketegasan dalam menerapkan prinsip untuk tidak terpengaruh menyalahgunakan narkoba. Terakhir, kemampuan meningkatkan aspek positif kehidupan dengan cara menerima tantangan atau menggunakan kesempatan. Serta, meningkatkan keterhubungan dengan orang lain.

Sementara itu, Waka Kesiswaan SMPN 3 Bulakamba Khuro Ma'fiyah menyatakan, mendukung penuh sekaligus mengapresiasi program P4GN masuk sekolah.

Sumber: