Dua KTT di Warureja Dapat Bantuan Ternak dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal, Ada 10 Kerbau dan Kambing

 Dua KTT di Warureja Dapat Bantuan Ternak dari Dinas KP Tan Kabupaten Tegal, Ada 10 Kerbau dan Kambing

PELAYANAN - Pegawai Dinas KP Tan Kabupaten Tegal saat memberikan pelayanan kesehatan hewan saat acara Bupati Tilik Desa di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja, Rabu 8 November 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL - Hadir saat acara Bupati Tilik Desa di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja, Rabu 8 November 2023, dua Kelompok Tani Ternak (KTT) di Kecamatan Warureja dapat bantuan. Bantuan tersebut berupa hewan ternak dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal.

Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sugiyanto mengatakan, ada dua KTT yang menerima bantuan hewan ternak.

Yaitu, KTT Panker Jaya Sidamulya sebanyak 10 ekor kerbau, dan KTT Gotong Royong berupa kambing. Diharapkan, bantuan hewan ternak ini dipelihara dengan baik. Sehingga bisa menghasilkan dan menghidupi para anggota KTT.

"Semoga hewan ternak ini bermanfaat untuk kelompok tani dan masyarakat sekitar," ucapnya.

BACA JUGA:Bupati Tilik Desa Banjaragung, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Beri Pelayanan Keswan Gratis

Dia mewanti-wanti, ketika hewan ternak mengalami sakit, segeralah diberi vitamin. Jika mengalami kesulitan atau kendala, KTT bisa langsung konsultasi ke Dinas KP Tan. 

Terlebih jika ada gejala atau tanda-tanda menderita PMK, segeralah melapor untuk divaksin. Adapun, ciri-ciri hewan ternak yang terinfeksi PMK, awalnya demam, mengeluarkan air liur yang banyak dan enggan bergerak.

Penyakit virus ini juga menyebabkan lepuh berisi cairan (vesikel) terbentuk di bibir, lidah, langit-langit mulut, kaki dan puting hewan yang terinfeksi.

"Kalau mengalami gejala begitu, jangan menunggu lama. Langsung lapor ke kami. Supaya tidak menular ke hewan lainnya," tandasnya. (adv)

Sumber: