Bupati Tilik Desa Banjaragung, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Beri Pelayanan Keswan Gratis

Bupati Tilik Desa Banjaragung, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Beri Pelayanan Keswan Gratis

BERI VITAMIN - Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Sugiyanto saat memberikan vitamin kepada hewan ternak, di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja, Rabu 8 November 2023.-YERI NOVELI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Momen Bupati Tilik Desa di Desa Banjaragung Kecamatan Warureja Kabupaten Tegal, Rabu 8 November 2023 rupanya dimanfaatkan juga oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (KP Tan) Kabupaten Tegal.

Dinas KP Tan Kabupaten Tegal memberikan pelayanan kesehatan hewan (Keswan) secara gratis. Selain itu, dinas juga memberikan waktu untuk konsultasi petanian.

Hal ini seperti disampaikan Kepala Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Agus Sukoco melalui Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Sugiyanto. Pelayanan tersebut sebagai langkah untuk ikut berpartisipasi memberikan pelayanan terhadap masyarakat saat acara Bupati Tilik Desa.

"Kita memberikan pelayanan ini secara gratis. Pelayanan kita berikan kepada para peternak kambing, domba dan sapi," kata Sugiyanto.

BACA JUGA:30 Petani Tembakau Dilatih Manajemen Agribisnis, Dinas KP Tan Kabupaten Tegal Undang Praktisi Temanggung

Dia menjelaskan, pelayanan keswan ini berupa vaksinasi terhadap hewan ternak yang bertujuan untuk mencegah penyakit mulut dan kuku (PMK). Adapun, jumlah hewan ternak yang divaksin sebanyak 47 ekor kambing dan domba. Kemudian pihaknya juga memberikan vitamin terhadap 3 ekor kambing dan 1 ekor kucing.

"Ini kami lakukan untuk mencegah PMK," ujarnya.

Sementara untuk konsultasi pertanian, Sugiyanto mengaku melibatkan Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Warureja. Dalam kesempatan itu, pihaknya menjelaskan soal nitrobacter. Nitrobacter adalah genus yang terdiri dari bakteri berbentuk batang, gram negatif, dan kemoautotrof.

Selain itu juga menjelaskan soal Asam humat. Asam ini adalah salah satu dari tiga bahan penyusun zat humat yang merupakan komponen pembentuk humus.

BACA JUGA:Demi Data Lahan Pertanian Berkualitas, Sosialisasi Geospasial Digencarkan Dinas KP Tan Kabupaten Tegal

Humus itu sendiri adalah tanah yang memiliki tingkat kesuburan tinggi yang terbentuk dari pelapukan bahan organik, seperti daun dan batang pohon. Asam humat diperoleh melalui proses ekstraksi humus.

"Kita juga menggelar pasar murah di lokasi acara," imbuhnya. (adv)

Sumber: