Disperintransnaker Perkuat Akses Bahan Baku IKM Logam Kabupaten Tegal dengan Material Center

Disperintransnaker Perkuat Akses Bahan Baku IKM Logam Kabupaten Tegal dengan Material Center

Ikm logam Kabupaten Tegal mendapat kemudahan akses bahan baku dari Disperintransnaker.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Dinas Perindustrian Transmigrasi dan Tenaga Kerja (Disperintransnaker)terus berupaya perkuat akses bahan baku bagi IKM Logam Kabupaten Tegal.

Penguatan akses bahan baku IKM Logam Kabupaten Tegal tersebut dengan menghadirkan Material Center yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian bersama dengan Pemkab Tegal di Lingkungan Industri Kecil (LIK) Takaru Tegal.

Kepala Disperintransnaker Kabupaten Tegal, Riesky Trisbiyantoro mengaku bahwa penguatan akses bahan baku bagi IKM alat angkut yang dilakukan pusta melalui Kemenperin akan mendorong IKM untuk lebih berdaya saing dalam ekosistem rantai pasok industri otomotif nasional. 

"Tak bisa dipungkiri bahwa sentra IKM perlu diperkuat dari sisi  kemudahan untuk mengakses bahan baku, sehingga produktivitas IKM dapat meningkat," ujarnya Selasa 7 November 2023.

BACA JUGA:Potensi Bisnis Kopi Bikin Ngiri, Disperintransnaker Kabupaten Tegal Gembleng Pelaku Usaha Olahan Kopi

Pihaknya mengaku bahwa sentra IKM Logam di Kabuparten Tegal sudah mempunyai Material Center. Diharapkan nantinya semakin banyak pasokan bahan baku bagi IKM yang ada di Kabupaten Tegal. 

"Sejak diresmikan pada tahun 2019 lalu, Material Center yang diinisiasi oleh Kementerian Perindustrian bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tegal di Lingkungan Industri Kecil (LIK) Takaru Tegal telah melayani pemenuhan bahan baku bagi lebih dari 100 IKM," cetusnya.

Tercatat sebanyak 1400 plat baja telah dipasok untuk keberlangsungan produk IKM di sentra IKM Tegal. 

"Kemitraan yang sudah terjalin baik antara IKM di Tegal dengan industri besar terus bertambah. Artinya ada peningkatan disisi kebutuhan bahan baku, baik jenis maupun kuantitas, sehingga pasokannya perlu diperhatikan," ungkapnya. 

BACA JUGA:Ini Persyaratan Calon Pekerja Migran Indonesia, Disperintransnaker Kabupaten Tegal: Wajib Dipatuhi

Dari upaya penjajakan Ditjen Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA), material centernya bisa menambah pasokan dari PT Super Stell Karawang.

Hal ini diharapkan bisa mengakomodir kebutuhan bahan baku logam bagi IKM, serta mendorong industri besar (suplier APM maupun Suplier Alat Berat) untuk bermitra dengan IKM di Tegal. 

"Kami mendukung IKM untuk lebih berdaya saing, sehingga bisa memberikan kontribusi yang sangat besar bagi Indonesia," tegasnya. (adv) 

Sumber: