Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Kasus Cacar Monyet Mulai Merebak, Catat Gejala dan Cara Penularannya di Sini!

Ilustrasi cacar monyet-Tangkapan Layar-

2. Mengonsumsi daging dari hewan liar yang sudah terinfeksi virus monkeypox merupakan risiko penularan.

3. Virus dapat masuk ke tubuh melalui kontaminasi benda-benda yang terkena virus monkeypox.

4 Penularan virus juga dapat terjadi melalui luka terbuka pada kulit, saluran pernapasan, atau selaput lendir pada mata, hidung, atau mulut.

5. Penularan virus ini dapat terjadi dari manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan luka infeksi, koreng, atau cairan tubuh individu yang menderita cacar monyet.

6. Virus ini juga dapat menular melalui plasenta dari ibu hamil ke janin.

7. Paparan cairan tubuh atau darah dari hewan buruan yang terinfeksi juga dapat memicu penularan melalui luka terbuka pada tubuh. Penting untuk memperhatikan penggunaan produk hewan, seperti daging, yang berasal dari hewan yang terinfeksi.

8. Penggunaan barang-barang pribadi bersama dengan pengidap cacar monyet juga dapat menjadi salah satu cara penularan.

Gejala yang muncul pada manusia akibat cacar monyet mirip dengan gejala cacar, meskipun cenderung lebih ringan.

Perbedaan utama antara gejala cacar dan cacar monyet adalah pembengkakan kelenjar getah bening (limfadenopati) yang terjadi pada cacar monyet. 

Diagnosa cacar monyet

Cacar monyet dapat didiagnosis secara pasti melalui pemeriksaan laboratorium yang mempertimbangkan penyakit kulit lainnya seperti cacar smallpox, cacar air, campak, infeksi bakteri pada kulit, kudis, sifilis, dan reaksi alergi terhadap obat.

Tindakan pencegahan selalu dianjurkan, terutama untuk melindungi anak-anak yang mungkin lebih rentan terhadap infeksi virus monkeypox.

Pencegahan melibatkan langkah-langkah seperti menghindari kontak dengan hewan yang mungkin menjadi reservoir virus, tidak berkontak fisik dengan individu yang terinfeksi atau material yang terkontaminasi, memasak daging dengan baik, menjaga kebersihan tangan, menggunakan alat pelindung diri saat merawat pasien. Termasuk memastikan anak-anak mendapatkan vaksin cacar air untuk memberikan perlindungan terhadap cacar monyet.

Jika kamu mengalami gejala dan tanda cacar monyet, segera konsultasikan dengan dokter spesialis kulit atau pergi ke rumah sakit terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Ruam dan cacar di alat kelamin

Sumber: