Kuasai Tiga Besar Klasemen, Salah Seorang Pebalap Astra Honda Dipastikan Juara Asia

Kuasai Tiga Besar Klasemen, Salah Seorang Pebalap Astra Honda Dipastikan Juara Asia

Tiga pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT) menguasai tiga besar kalsemen sementara Asia Road Racing Champhionship (ARRC) 2023. --

RADAR TEGAL – Pebalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens menjadi pebalap tercepat kedua, Sabtu 4 November 2023. Rheza meraihnya saat membalap di race pertama seri kelima Asia Road Racing Champhionship (ARRC) 2023 Kelas Asia Production 250cc (AP250) di Zhuhai International Circuit, China. 

Hasil ini kian menegaskan raihan 3 besar klasemen, yang dikuasai pebalap AHRT yang menunggangi CBR250RR. Selain Rheza juga ada Veda Ega Pratama dan Herjun Atna Firdaus, yang salah seorang di antaranya dipastikan akan menjadi juara Asia AP250. 

Balapan ARRC di Zhuhai dimanfaatkan maksimal para pebalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM), untuk meraih podium tertinggi. Rheza bersama rekan setimnya, Veda dan Herjun tampil agresif sepanjang balapan berlangsung.

Dari hasil yang didapatkan pada sesi kualifikasi kelas AP250, Veda mampu menempati posisi pertama dengan catatan waktu tercepat 1:50.117. Sedangkan Rheza dan Herjun memulai balapan dari posisi keempat dan kelima dengan raihan catatan waktu tercepat 1:50.583 dan 1:50.741.

Sempat tercecer di posisi tujuh

Selepas start race pertama pada, Sabtu 4 November 2023, Rheza sempat kesulitan mempertahankan posisinya hingga turun ke posisi ketujuh. Secara perlahan, Rheza mampu masuk dalam rombongan terdepan bersama tiga pebalap lainnya. 

Memasuki lap kelima, ia tampil secara konsisten dan impresif dengan memberikan perlawan yang ketat untuk pebalap lainnya. Akhirnya, Rheza berhasil finis pada posisi kedua setelah bersaing pada tikungan terakhir hingga menyentuh garis finis. 

Veda juga tampil dominan sepanjang balapan. Pebalap muda ini dapat mempertahankan posisi pertama sejak awal balapan dan mampu memperlebar jarak dengan pebalap lainnya hingga 7 detik. 

Namun, Veda harus menjalani hukuman ride trough yang dijalaninya di lap 8, hingga harus puas finis pada posisi keenam. Sedangkan pebalap lainnya, Herjun harus menyelesaikan balapan lebih cepat akibat terjatuh pada tikungan terakhir pada lap kedua. 

Pebalap Astra dipastikan juara Asia

Dengan hasil ini, juara AP250 dapat dipastikan digenggam pebalap AHRT mengingat posisi klasemen sementara diduduki 3 pebalap AHRT. Yakni Rheza di posisi pertama dengan 175 poin, Herjun 149 poin, dan Veda pada posisi ketiga dengan total 110 poin.

Pada kelas Supersport 600cc (SS600), pebalap AHRT Adenanta Putra start dari posisi tiga yang didapatkan dari hasil kualifikasi dengan catatan waktu tercepat 1:36.893. Sejak awal balapan, Adenanda bersaing dengan pebalap lainnya yang berada di grup terdepan. 

Pada pertengahan balapan berlangsung, terjadi insiden dan red flag dikibarkan sehingga balapan terhenti sesaat. Balapan dilanjutkan dengan persaingan ketat antar pebalap pada 4 lap terakhir. 

Sedangkan Adenanta tertahan pada rombongan kedua dan harus puas finis pada posisi ke-8. Sementara itu pada kelas Asia Superbike 1000cc, Andi Farid Izdihar yang saat ini tergabung di Honda Asia-Dream Racing memberikan kemampuan terbaiknya dengan menunggangi CBR1000RR. 

Sumber: