Hutan Lindung di Sawangan Kabupaten Tegal Gundul, Bupati Umi Azizah: Ini Ancaman Serius!

Hutan Lindung di Sawangan Kabupaten Tegal Gundul, Bupati Umi Azizah: Ini Ancaman Serius!

RAKOR - Bupati Tegal Umi Azizah memimpin Rakor Penanganan Hutan Lindung Berkelanjutan yang menyoroti hutan lindung di Sawangan Kabupaten Tegal, di Ruang Rapat Bupati, Rabu 1 November 2023. -YERI NOVELI-radartegal.disway.id

"Nah dari sini, kita bisa melihat, betapa kondisi kawasan hutan yang sejatinya adalah area resapan atau tangkapan air sudah berkurang drastis fungsinya," paparnya.

BACA JUGA:Ormas dan Relawan Laporkan Aksi Perambahan Hutan Lindung Dawuhan Brebes

Sehingga, menurut Bupati, ini menjadi ancaman serius. Tidak hanya bagi warga Sawangan, Sigedong, Bumijawa, tapi juga warga lainnya sampai ke Kota Tegal.

Diharapkan, seluruh pemangku kepentingan untuk menghentikan laju deforestasi dan memulihkan lahan hutan yang sudah terkonversi menjadi lahan pertanian.

"Ini penting dan mendesak dilakukan, meskipun dampaknya baru dirasakan jangka panjang atau menengah jika akselerasinya berjalan baik," tandasnya. 

Rakor terkait hutang lindung di Sawangan Kabupaten Tegal tersebut dihadiri sekda Kabupaten Tegal bersama sejumlah kepala OPD, unsur Forkopimda Kabupaten Tegal, Kepala Balai Pengelolaan DASHL Pemali Jratun, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Wilayah V Jawa Tengah, Administratur Perhutani KPH Pekalongan Barat dan sejumlah pejabat lainnya. (adv)

Sumber: