Pemilik McDonald's Indonesia Masih Satu Grup dengan Sosro, Perusahaan yang Asalnya dari Slawi

Pemilik McDonald's Indonesia Masih Satu Grup dengan Sosro, Perusahaan yang Asalnya dari Slawi

McDonald's Indonesia-Tangkapan Layar-Instagram/terangmedia

RADAR TEGAL - Nama McDonald's tengah ramai diperbincangkan. Hal ini menyusul kabar tentang keberpihakannya pada Israel, termasuk McDonald's Indonesia.

Akibatnya, waralaba ini mendapat banyak kecaman dari netizen Indonesia yang mayoritas memihak Palestina. Kecaman itu juga diarahkan ke McDonald's Indonesia.

Namun, tahukah kamu jika McDonald's Indonesia itu dimiliki oleh pengusaha asal Slawi Kabupaten Tegal? Karena resto ayam saji ini di Indonesia berada di bawah naungan PT Sosro.

Mengutip dari Disway.id, sebelum dipegang Sosro, Mc Donald's Indonesia sebenarnya dimiliki seseorang bernama Bambang Nuryatno Rachmadi.

BACA JUGA:McDonald's Indonesia Tawarkan Diskon dan Buat Dekorasi Palestina, Netizen Singgung soal Saham

Namun, kepemilikannya tak berlangsung lama. Karena setelah itu McD menjual sahamnya ke PT Rekso Nasional Food (RNF).

Perusahaan tersebut merupakan anak usaha dari Rekso Group di bawah naungan PT Anggada Putra Rekso Mulia. Di dalam gurita Rekso Group, McDonald's satu bendera dengan PT Sinar Sosro atau Sosro dan PT Gunung Slamat yang menjadi produsen Teh Cap Botol.

PT Sinar Sosro berasal dari Slawi

Mengutip dari web resminya, PT Sinar Sosro merupakan perusahaan teh siap minum dalam kemasan botol yang pertama di Indonesia dan di dunia. Awalnya, pada tahun 1940, keluarga Sosrodjojo memulai usahanya di Slawi Kabupaten Tegal Jawa Tengah dengan memproduksi dan memasarkan teh seduh dengan merk Teh Cap Botol.  

PT. Sinar Sosro resmi didaftarkan pada tanggal 17 Juli 1974 oleh Bapak Soegiharto Sosrodjojo, yang berlokasi di Jalan Raya Sultan Agung KM. 28 kelurahan Medan Satria Bekasi.

BACA JUGA:Viral McDonald's Hiasi Gerainya dengan Ornamen Palestina, Netizen: Maaf Ayam Geprek Lebih Menggoda

Pada tahun 1960, Soegiharto Sosrodjojo dan saudara-saudaranya hijrah ke Jakarta untuk mengembangkan usaha keluarga Sosrodjojo kepada masyarakat di Jakarta.

Seiring dengan perkembangan bisnis perusahaan, maka sejak tanggal 27 November 2004, PT. Sinar Sosro bernaung dibawah perusahaan induk atau disebut dengan holding company yaitu PT. Anggada Putra Rekso Mulia atau Grup Rekso.

Sosok di balik kejayaan PT Sosro

Sumber: