Teras KPT Brebes Amblas! Perbaikan Masih Tanggung Jawab Kontraktor

Teras KPT Brebes Amblas! Perbaikan Masih Tanggung Jawab Kontraktor

Pihak kontraktor saat meninjau proses perbaikan teras KPT yang amblas, Jum'at 3 November 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Hingga saat ini proses perbaikan teras Kantor Pemerintahan Terpadu (KPT) Brebes masih berlanjut. Jum'at 3 November 2023 siang, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan kontraktor pelaksana melakukan peninjauan.

Dalam peninjauan itu, proses perbaikan sepenuhnya bakal ditanggung kontraktor pelaksana. Informasi yang diterima, teras gedung Pemkab Brebes yang amblas 10 cm itu masuk dalam masa peliharaan dan masih menjadi tanggung jawab kontraktor. Dalam dua pekan proses perbaikan ditargetkan rampung.

Perwakilan PT Istaka Karya PT (persero) dan PT Chimarder 777 (KSO) sebagai kontraktor pelaksana, Roni Winarto menyampaikan, kalau kerusakan hanya di bagian teras saja. Namun, untuk bangunan utama KPT tidak terjadi kerusakan lantaran tiang pancang di bawahnya cukup kokoh. 

"Karena struktur tanah atau jenis tanah yang memang lempung atau tanah kurang bagus akhirnya terjadi atau penurunan tanah yang sangat masif. Penurunan tanah terjadi di area dropp off yang merupakan bangunan pendukung dan bukan bangunan utama," ujarnya usai melakukan pengecekan.

BACA JUGA:Ribuan Anak Padati KPT Brebes, Kira-kira Ada Apa Ya?

Roni juga menjelaskan, kalau gedung KPT hingga saat ini masih dalam masa pemeliharaan dan menjadi tanggung jawab pihak kontraktor untuk melakukan perbaikan. Sedangkan untuk pelaksanaan perbaikan, melibatkan tim teknis, baik dari Pengawas Managemen Konstruksi maupun tenaga ahli dari perguruan tinggi Unnes dan Untidar.

"Untuk penanganannya, kami sepakati bakal memperkuat dengan beton betulang di bawah drop off dan ada penambahan dinding yang akan menunjang dari area drop off. Perbaikan ini untuk pemerataan beban di bagian teras, sehingga jika terjadi penurunan juga merata dan tidak terjadi keretakan," jelasnya. 

Nantinya, dalam proses perbaikan di bawah drop off akan ada penambahan tie beam dengan balok beton berukuran 50x40 sepanjang 15 meter. Kemudian ditambah enam pilar tiang setinggi 3 meter serta penebalan tembok sekitar 15 cm dengan mengikuti panjang balok beton.

Kemudian, pemotongan pola retak plat baja di bagian tangga menuju pintu masuk KPT juga akan dilakukan.

BACA JUGA:Tidak Ada Formasi di P3K 2023, Ribuan Nakes Geruduk KPT Brebes

"Pemotongan pola retak ini agar jika terjadi penurunan tanah tidak berdampak atau menarik area drop off. Penambahan balok beton ini juga tidak hanya menopang namun menahan tarikan. Penurunan ini memang sudah diantisipasi sejak dulu, cuma karena cuaca yang luar biasa melebihi yang kita perkirakan," tandasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Brebes Dani Asmoro meminta kontraktor pelaksana untuk melakukan perbaikan secepat mungkin namun dengan hasil yang maksimal. Pihaknya menargetkan, perbaikan ini bisa rampung sampai dua pekan mendatang.

Hal ini dimaksudkan agar tidak mengganggu pelayanan di kantor Pemkab tersebut.

"Dalam dua pekan ini kami harapkan perbaikan bisa selesai. Sehingga tidak mengganggu pelayanan. Karena yang diperbaiki hanya bagian drop off, sedangkan bangunan utama tidak terjadi kerusakan karena menggunakan pondasi tiang pancang yang kedalamannya 58 meter," pungkasnya. (*)

Sumber: