Rusak, Kondisi Tanggul Sepanjang 200 Meter di Karangsambung-Losari Brebes Memprihatinkan

Rusak, Kondisi Tanggul Sepanjang 200 Meter di Karangsambung-Losari Brebes Memprihatinkan

Kabid Konservasi Sumber Daya DPSDAPR Brebes Mulyadi (tiga dari kanan) saat melakukan pengecekan lokasi tanggul yang kritis di Desa Karangsambung, Kecamatan Losari, kemarin.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Tanggul sepanjang 200 Meter di Desa Karangsambung Kecamatan Losari kondisinya sangat memprihatinkan. Menindaklanjuti hal itu, Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air dan Penataan Ruang (DPSDAPR) Brebes membuat tanggul darurat.

Kabid Konservasi Sumber Daya DPSDAPR Brebes Mulyadi membenarkan terkait hal itu. Mulyadi menyebutkan, ada dua titik loksi tanggul di wilayah Kecamatan Losari yang kondisinya kritis. Salah satunya di Desa Karangsambung Kecamatan Losari.

"Di Karangsambung sendiri panjang tanggul yang kondisinya kritis yakni sepanjang 200 meter," ujarnya saat ditemui di kantornya, Kamis 2 November 2023.

Mulyadi menyebutkan, selain di Karangsambung, satu tanggul yang kondisinya kritis lainnya ada di Desa Kedungneng, Kecamatan Losari. Kondisinya, juga hampir sama dengan yang ada di Desa Karangsambung.

BACA JUGA:Cegah Abrasi dan Banjir Rob, Tanggul Geobag Sepanjang 1,5 KM Dibangun

"Kalau kondisi sepanjang wilayah Sungai Cimanuk-Cisanggarung di wilayah Losari itu ada beberapa titik yang harus ada penanganan. Mulai dari Desa Karangsambung hingga Desa Limbangan, Kecamatan Losari," jelasnya.

"Namun, kondisinya yang memprihatinkan itu tadi ada di dua lokasi, yakni di Karangsambung dan di Desa Kedungneng," lanjutnya.

Mulyadi manambahkan, untuk mengantisipsi tambah parahnya tanggul pihaknya sudah menyerahkan bantuan untuk penanganan tanggul darurat. Yakni, memberikan 100 batang dolken dan 50 geobag.

"Selain itu, kami juga sudah mengirimkan surat ke pihak BBWS Cimancis untuk segera ada perbaika. Ataupun menurunkan alat berat," ucapnya.

BACA JUGA:Puluhan Tanggul Diperbaiki, Titik Rawan Jebol Hampir Merata

Sebelumnya, antisipasi terjadinya tanggul jebol, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin melakukan pengecekan sejumlah titik tanggul di wilayah Losari, belum lama ini. Menindaklanjuti hal itu, pihak DPSDAPR langsung melakukan pengecekan lapangan dan memberikan bantuan untuk membuat tanggul darurat. (*)

Sumber: