Lakukan 3 Cara INI Supaya HP Aman dari Penyadapan Pinjol Ilegal, Pastikan Data-data Pribadi Anda Terlindungi

Lakukan 3 Cara INI Supaya HP Aman dari Penyadapan Pinjol Ilegal, Pastikan Data-data Pribadi Anda Terlindungi

Cek kontinyu HP Anda dari kemungkinan penyadapan pinjol ilegal untuk melindungi data-data pribadi dari berbagai bentuk penyalahgunaan.--

RADAR TEGAL - 3 cara agar HP aman dari penyadapan pinjol ilegal yang sering terjadi saat ini, akan dibahas dalam artikel ini. Apalagi jika ternyata Anda sudah terlanjur mengunduh dan menginstall aplikasi pinjaman online tersebut di ponsel.

Cara mengetahui agar HP aman dari penyadapan pinjol ilegal ini, bertujuan agar data-data pribadi Anda yang bersifat rahasia tetap terjaga. Sehingga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, untuk mengeruk keuntungan pribadi.

Di bawah ini terdapat 3 cara agar HP aman dari penyadapan pinjol ilegal. Penting bagi  Anda untuk melindungi data-data privasi, jangan sampai bisa dijebol dan dicuri dengan meretas perangkat sampai diretas oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Periksa rutin keamanan ponsel

Jika Anda tidak sengaja mengunduh dan menginstall aplikasi pinjol ilegal, Anda bisa memeriksa ponsel keamanan Anda lewat tahapan-tahapan berikut ini.

1. Izin Aplikasi

Pastikan Anda memeriksa izin aplikasi pinjol terkait yang memang sesuai dengan fungsinya. Jika perlu jangan berikan izin akses apapun ke ponsel Anda karena bisa berisiko adanya pencurian data-data pribadi.

2. Waspadai Pesan atau Panggilan yang Mencurigakan

Cara cek keamanan HP setelah menginstal aplikasi pinjol ilegal berikutnya, yaitu Anda harus waspada dengan adanya pesan atau panggilan mencurigakan.

Mereka seringkali menggunakan cara-cara ini untuk berbicara langsung dengan calon korbannya, demi menawarkan sejumlah penawaran menarik yang licik.

Jangan berikan informasi apapun kepada mereka baik itu lewat pesan teks atau panggilan. Bahkan, abaikan saja jika memang ada nomor mencurigakan yang menghubungi Anda.

3. Cek Aktivitas Aplikasi

Anda bisa cek secara berkala aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone Anda. Jika sekiranya tiba-tiba ada aplikasi mencurigakan, jangan Anda buka dan segera uninstall.

3 cara agar HP aman dari penyadapan pinjol ilegal

Sumber: