Angkat Tema Bullying No Prestasi Yes, SMPN 2 Balapulang Tegal Peringati Bulan Bahasa

Angkat Tema Bullying No Prestasi Yes, SMPN 2 Balapulang Tegal Peringati Bulan Bahasa

Warga SMPN 2 Balapulang berlomba mewarnai peringatan bulan Bahasa.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - SMPN 2 Balapulang Kabupaten Tegal peringati Bulan Bahasa. Pada peringatan kali ini, tema yang diangkat Bullying No, Prestasi Yes.

Guna memeriahkan kegiatan, SMPN 2 Balapulang Kabupaten Tegal menggelar beragam lomba. Mulai dari lomba cipata dan baca puisi, membuat poster hingga cerita bergambar.

Kepala SMPN 2 Balapulang, Eni Rusmiyati SPd Mat menyatakan, tema yang diangkat pada rangkaian lomba kali ini adalah 'Bullying No, Prestasi Yes!'. Dia berharap melalui tema ini bisa mencegah bullying atau perundungan di sekolah. 

"Serta lebih meningkatkan kemampuyan literasi siswa dan menumbuhkan  kreativitas hingga daya saing siswa-siswi SMPN 2 Balapulang pada bidang sastra dan bahasa," ujarnya Selasa 31 Oktober 2023.

BACA JUGA:Bangun Karakter Pelajar Pancasila, Koramil Pangkah Gembleng 762 Siswa SMK Peristek Kabupaten Tegal

Menurutnya kegiatan lomba kali ini diadakan juga dalam upaya melatih kreatifitas, percaya diri, dan mental siswa didiknya. 

"Kami berharap kegiatan semacam ini dapat meningkatykan literasi dan kreatifitas siswa di SMPN 2 Balapulang," cetusnya. 

Dia menyatakan bahwa Oktober biasa diperingati sebagai bulan bahasa. Hal ini lantaran di bulan Oktober pernah menjadi saksi sejarah peristiwa Sumpah Pemuda tepatnya 28 Oktober 1928.

Pada peristiwa ini , para pemuda mengikrarkan diri untuk bersatu atas nama tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. 

BACA JUGA:Siswa SMK binaan Astra Motor Jateng Edukasi Pelajar SMP Tingkatkan #Cari_Aman Berkendara

"Sebagai generasi penerus tentu saja kita harus senantiasa memaknai peristiwa heroik itu, khususnya butir ketiga. Hal ini untuk membina dan mengembangkan bahasa dan sastra Indonesia, memelihara semangat, dan meningkatkan persatuan Indonesia sebagai sebuah bangsa besar yang sehat," ungkapnya.

Kegiatan bulan bahasa yang diselenggarakan setiap tahun menurutnya sebagai upaya untuk membina dan mengembangkan bahasa Indonesia.  

"Kegiatan ini juga berguna sebagai sarana berekspresi bagi siswa dan mengembangkan bakat-bakat siswa di bidang akademik dan nonakademik. Sebagai bagian dari upaya mengembangkan kecintaan terhadap bangsa, tanah air, dan bahasa Indonesia sesuai yang terkandung dalam Sumpah Pemuda," tegasnya. (adv) 

Sumber: