Cegah Aksi Perundungan, SDN Bulakwaru 01 Kabupaten Tegal Gelar Perjusa

Cegah Aksi Perundungan, SDN Bulakwaru 01 Kabupaten Tegal Gelar Perjusa

Warga SDN Bulakwaru 01 bersemangat ikuti kegiatan Perjusa.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - SDN Bulakwaru 01 Kabupaten Tegal gelar perkemahan Jumat Sabtu atau Perjusa. Kegiatan tersebut salah satu tujuannya untuk mencegah aksi perundungan di sekolah.

Perjusa merupakan bagian dari pelaksanaan kegiatan Pramuka yang menjadi ekstrakurikuler wajib di SDN Bulakwaru 01.

Mabigus sekaligus Kepala SDN Bulakwaru 01 Ali Rosidi melalui Pembina Ekskul Pramuka Uci, Danu, Rizki, dan Komar  menyatakan bahwa Perjusa merupakan agenda tahunan di sekolah yang berdiri di tengah-tengah padatnya penduduk terserbut. 

"Sediktinya 126 siswa dilibatkan dalam kegiatan ini, yang terdiri dari siswa kelas 5 dan 6," ujarnya Senin 30 Oktober 2023.

BACA JUGA:Deklarasi Anti Perundungan, SMK Negeri 2 Adiwerna Gandeng Kodim 0712 Tegal

Menurutnya, tujuan dari diadakannya Perjusa, untuk mengembangkan karakter, keterampilan, dan nilai-nilaipositif pada siswa di usia dini. Selain itu, juga mencegah aksi perundungan atau kekerasan antar warga sekolah di SDN Bulakwaru 01.  

"Diharapkan melalui kegiatan Perjusa siswa terhindar dari aksi kekerasan, pembullyan baik antar guru, siswa, ataupun antar guru dan siswa," cetusnya.

Pihaknya menyatakan, kegiatan Perjusan kali ini diisi dengan perkemahan mini. Dimana peserta melakukan kegiatan perkemahan mini di halaman sekolah. 

Mereka belajar tentang pengaturan tenda, penggunaan kompas, memasak di alam terbuka, hingga pengenalan alam. 

BACA JUGA:Diduga Jadi Korban Perundungan Teman dan Gurunya, Siswi SMP Ihsaniyah Tegal Alami Trauma

"Selanjutnya ada pendalaman kepemimpinan yang bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan kepemimpinan. Disini siswa diajarkan tentang tanggung jawab, komunikasi, dan kerja tim," ungkapnya.

Selebihnya ada pembelajaran alam yang berisikan kegiatan alam terbuka, menjelajahi sawah dan lingkungan di Desa Bulakwaru. Ada juga aktifitas seni serta kerajinan. 

Disini siswa membuat hasta karya dari bahan alam yang mereka dapat saat penjelajahan alam. Kegiatan dilanjut dengan bakti sosial, olahraga, dan sholat berjamaah. (adv) 

Sumber: