Antisipasi Kecelakaan di Obyek Wisata Tegal, Pengelola Diminta Penuhi Standar Keamanan

Antisipasi Kecelakaan di Obyek Wisata Tegal, Pengelola Diminta Penuhi Standar Keamanan

EDUKASI- Kasat Samapta Polres Tegal melakukan edukasi kepada pengelola obyek wisata Tegal di kawasan Guci.-HERMAS PURWADI-radartegal.disway.id

RADAR TEGAL- Demi mengantisipasi kecelakaan di obyek wisata Tegal, langkah antisipasi dilakukan jajaran Polres Tegal. Salah satunya dengan terjun langsung ke lokasi wisata untuk memberikan edukasi.

Untuk meminimalisir terjadinya insiden di obyek wisata Tegal, Kapolres Tegal AKBP Mochmamad Sajarod Zakun SH SIK sengaja memerintahkan langsung Kasat Samapta AKP Surahno SH MH untuk terjun.

Kasat langsung turun ke lapangan untuk memberikan imbauan kepada para pengelola obyek wisata Tegal agar bisa memenuhi standar keamanan. Menurutnya, kontur tanah pengunungan yang terjal dan curam sangat berpotensi mengakibatkan kecelakaan pada wahana di obyek wisata Tegal. 

"Hal  mengingat beragam sifat dan tingkah laku pengunjung yang datang sehingga pengelola wajib menyediakan alat-alat keselamatan untuk dipakaikan kepada pengunjung," ujar kapolres, Sabtu 28 Oktober 2023.

BACA JUGA:Obyek Wisata Guci Sudah Dikunjungi 2,8 Juta Wisatawan, Kini Ada Jeep Offroad ke Jalur Pendakian Gunung Slamet

Selain itu, pengelola obyek wisata Tegal juga wajib menyediakan tim evakuasi dengan kompetensi SAR yang harus bergerak apabila terjadi kecelakaan di wahana.

Hal-hal tersebut perlu dilaksanakan guna memberikan pelayanan terbaik kepada para pengunjung obyek wisata Tegal. Sehingga dapat mewujudkan keamanan dan keselamatan bersama.  

Kasat Samapta Polres Tegal AKP Surahno SH MH menyatakan sudah melakukan koordinasi dengan pengelola obyek wisata Tegal. Terutama pengelola yang ada di kawasan Guci. 

Pihaknya meminta pengelola obyek wisata untuk meningkatkan pengawasan dan keamanan agar tidak ada korban jiwa. 

BACA JUGA:Gali Potensi, Pemkot Tegal Siapkan Perda Pengelolaan Obyek Wisata Pantai Kokoba

"Jika tempat itu penuh, maka dilakukan rekayasa lalu lintas di lokasi obyek wisata tersebut,” ungkapnya. 

Dalam kesempatan itu, dia mengimbau,  kepada masyarakat yang berwisata di kolam renang, terutama yang membawa anak di bawah umur agar tetap menjaga dan memperhatikan keamanan dan keselamatan bersama.

Selain itu, kepada pengelola dan pengunjung obyek wisata Tegal tetap memperhatikan aspek keselamatan seperti orang tua mendampingi anak saat sedang bermain. (*)

Sumber: