Tertipu Promo Tebus Murah di Instagram Toko Roti yang Diretas, Wanita Cantik di Tegal Kehilangan Rp9,9 Juta

Tertipu Promo Tebus Murah di Instagram Toko Roti yang Diretas, Wanita Cantik di Tegal Kehilangan Rp9,9 Juta

Korban penipuan lewat akun instagram toko roti yang diretas menunjukan laporan kepolisian--

RADAR TEGAL - Seorang wanita muda dan cantik, tertipu Promo Give Away Iphone 14 Promax di Instagram toko roti yang diretas. Akibatnya, korban mengalami kerugian hampir mencapai Rp10 juta.

Korban yang diketahui bernama Tri Puji Lestari, 32 tahun warga Desa Mejasem Barat Kabupaten Tegal mengatakan, awalnya pada Kamis 26 Oktober 2023, dirinya melihat akun Instagram Toko Roti Miemie Brownie. Di sana diposting adanya promo tebus murah Iphone 14 Promax dengan harga hanya Rp9,9 juta.

"Saya kemudian iseng mengkonfirmasi admin dari akun Instagram toko roti tersebut. Selanjutnya, diarahkan untuk berkomunikasi melalui pesan WhatsApp,"katanya.

Menurut Tri Puji, saat dalam percakapan WhatsApp itu, dirinya diminta untuk mentransfer uang sejumlah Rp9,9 juta agar bisa ikut dalam promo fiktif tersebut. Awalnya, dia sudah merasa curiga karena dalam percakapan tersebut, admin menyampaikan kalau tidak menang maka uang yang sudah ditransfer hangus.

BACA JUGA:Hati-hati! Dinperinaker Ingatkan Para Pencari Loker Brebes untuk Waspada Penipuan

"Namun, selang beberapa menit, dari sana mengirim pesan lagi kalau tidak menang, maka uang akan dikembalikan. Akhirnya, tanpa merasa curiga, saya transfer karena katanya waktunya tinggal 5 menit,"tandasnya.

Usai transfer, kata Tri Puji, dari sana menyampaikan kalau barang akan dikirim melalui jasa pengiriman. Saat dirinya akan mengambil barang yang dimaksud ke toko, oleh mereka dilarang.

"Setelah transfer mereka bilang kalau barang akan dikirim. Kemudian saat saya mau mengambil langsung ke toko, mereka bilang nanti karyawan yang akan mengantarkannya,"tandasnya.

Namun, ujar Tri Puji, setelah beberapa hari barang tidak kunjung datang ke rumah. Sehingga, dia mencoba mendatangi Toko Roti Miemie Brownie terdekat.

BACA JUGA:5 Modus Penipuan Asuransi Nakal yang Sering Dilakukan untuk Menjebak Konsumen

"Ternyata, setelah saya datang ke toko, mereka menyampaikan tidak merasa menyelenggarakan promo tersebut. Pemilik juga menyampaikan kalau akun instagram toko roti miliknya sudah di-hack,"tandasnya.

Selanjutnya, imbuh Tri Puji, pihaknya kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Polres Tegal. Dia juga sempat pergi ke pihak bank agar melakukan pemblokiran.

Pemilik usaha Rama Sahid saat dikonfirmasi membenarkan adanya peretasan akun instagram toko roti miliknya. Hal itu dia ketahui saat dirinya mencoba login dan melihat adanya perbedaan nomor WhatsApp CS di akun tersebut.

"Saya melihat nomor WhatsApp CS kok berbeda dengan milik kami. Kemudian, saya mencoba login juga ternyata tidak bisa,"tandasnya.

Sumber: