Ubah Mindset Masyarakat, Forum Sahabat Sungai Dibentuk di Kota Tegal

Ubah Mindset Masyarakat, Forum Sahabat Sungai Dibentuk di Kota Tegal

Sekda Kota Tegal memberikan sambutan dalam sarasehan forum sahabat sungai--

RADAR TEGAL - Setelah terbentuk, Forum sahabat sungai menggelar sarasehan di Kota Tegal, Rabu 25 Oktober 2023. Itu, merupakan salah satu upaya untuk merubah mindset masyarakat terhadap sungai-sungai yang ada di Kota Bahari.

Nantinya, Forum Sahabat Sungai akan melakukan sejumlah bakti sosial dengan membersihkan sungai dari sampah. Sehingga, tidak menyebabkan banjir saat musim hujan melanda.

Plt. Kepala DPUPR Kota Tegal Heru Prasetya mengatakan Forum Sahabat Sungai itu terbentuk sebagai bentuk kepedulian masyarakat terhadap kebersihan sungai. Sehingga, harapannya nanti akan menumbuhkan mindset untuk peduli terhadap kebersihan sungai.

"Sehingga, nantinya masyarakat tidak sembarangan membuang sampah di sungai. Juga kalau ada yang mencoba melakukannya, maka masyarakat yang akan menegurnya,"katanya.

Baca Juga: Legenda Sungai Serayu yang Mengaliri 5 Kabupaten di Jawa Tengah, Dipercaya Terbuat dari Air Pipis Bima

Menurut Heru, kegiatan forum tersebut yang sudah dilaksanakan yakni membersihkan sungai Kemiri. Nantinya, kegiatan tersebut akan digelar secara rutin setiap Jumat dengan melibatkan sejumlah pihak.

"Agenda membersihkan sungai secara rutin, seperti kemarin di Kali Kemiri. Jumat depan sungai yang lain dengan melibatkan sejumlah pihak termasuk masyarakat,"ujarnya.

Heru menambahkan, di Kota Tegal ada 4 sungai besar, yakni Ketiwon, Kemiri, Gung Lama dan Gangsa. Sungai-sungai itu, harus bersih, sehingga saat musim hujan tidak menyebabkan banjir.

Kabid Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Emi menambahkan kendala yang dihadapi dalam melakukan pembersihan sungai adanya penutup beton yang ada di atasnya. Seperti yang berada di saluran Tegal Wangi tepatnya di Jalan Sultan Agung.

Baca Juga: 2000 Bakau dan 1000 Pohon Keras Ditanam Polres Tegal di Bantaran Sungai Ketiwon, Antisipasi Banjir

"Meski ada beberapa bukaan, tetapi itu masih menyulitkan kami. Solusinya kita akan bekerjasama dengan Balai PSDA dan akan melakukannya secara bertahap,"tegasnya.

Sekretaris Daerah Kota Tegal drg. Agus Dwi Sulistyantono mengatakan pihaknya mengapresiasi terbentuknya Forum Sahabat Sungai tersebut. Sebab, hal itu merupakan bentuk perhatian terhadap kebersihan sungai.

"Kegiatan yang mereka lakukan yakni membersihkan, menjaga kebersihan dan pelestarian lingkungan sekitar sungai. Harapannya, masyarakat berubah cara pandang terhadap sungai dengan tidak membuang sampah di sana,"ujar Agus. 

Selanjutnya, Agus mengimbau kepada masyarakat untuk mewaspadai saluran-saluran yang ada karena sebentar lagi musim hujan. Dia mengingatkan agar tidak ada saluran yang tersumbat sampah.

Sumber: