Bakal Terima 31.455 Bilik dan 25.164 Kotak Suara, Gudang Bulog Cimohong Disiapkan untuk Gudang Logistik

Bakal Terima 31.455 Bilik dan 25.164 Kotak Suara, Gudang Bulog Cimohong Disiapkan untuk Gudang Logistik

KPU Brebes menggelar Rakor Persiapan Pengelolaan Logistik dengan Stakeholder Pada Pemilu 2024 mendatang di Hotel Dedy Jaya, Senin 23 Oktober 2023.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes bakal menerima 31.455 bilik dan 25.164 kotak suara. Rencananya, Gudang Bulog Cimohong bakal digunakan untuk menyimpan logistik Pemilu Presiden dan Pemilu Legislatif 2024 mendatang.

Hal itu diketahui usai KPU Brebes menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengelolaan Logistik Dengan Stakeholder dalam Pemilu 2024 di Dedy Jaya Hotel, Senin 23 Oktober 2023.

Ketua KPU Brebes Muamar Riza Pahlevi mengungkapkan, rakor kali ini dinilai sangat penting. Pasalnya, jika tidak ada halangan logistik akan tiba dalam waktu dekat. Kenapa sangat penting, kata dia, pasalnya dalam pendistribusian nanti akan masuk musim hujan. Sehingga, penyiapan gudang Bulog Cimohong akan digunakan sebagai gudang utama penyimpanan logistik KPU.

"Untuk jatah dropping awal, KPU Brebes akan menerima 31.455 bilik suara dan 25.164 kotak suara sesuai jumlah TPS. Berbahan duplek, sama seperti Pemilu 2019 lalu," ungkapnya.

BACA JUGA:Tahapan Pemilu 2024 Berlanjut, Polres Tegal Terjunkan 1 Peleton Personel untuk KPU

Untuk mekanismenya, kata Riza, pihaknya masih menunggu jadwal dan tahapan selanjutnya. Namun, pihaknya mengaku sudah menggelar koordinasi dengan instansi dan semua stakeholder terkait. Khususnya, terkait pengamanan dan penyaluran logistik hingga TPS dengan melibatkan PPK dan PPS. Sehingga, pendistribusian logistik pemilu bisa tepat waktu dan efektif.

"Kalkulasi sementara, jumlah TPS yang ada sebanyak 6.291 titik dengan jatah dropping 4 bilik suara per TPS. Sedangkan, 5 kotak suara per TPS yang semuanya akan disimpan di Gudang Utama Bulog Cimohong," jelasnya.

Dia menambahkan, untuk mekanisme pendistribusian logistik pemilu nantinya menjadi tanggung jawab kontraktor supplier, sehingga KPU sifatnya hanya penerima. Namun, pihaknya akan menyiapkan gudang logistik tambahan.

"Selain gudang utama Bulog Cimohong, sebanyak 14 gudang di tiap kecamatan sudah kami siapkan. Yang terpenting, lokasi itu aman dari banjir, hama dan aman dari gangguan yang berpotensi merusak logistik pemilu," pungkasnya. (*)

Sumber: