Puncak HSN, Ribuan Santri di Brebes Ikut Upacara di Lapangan Asri Bumiayu

Puncak HSN, Ribuan Santri di Brebes Ikut Upacara di Lapangan Asri Bumiayu

Pj Bupati Menyerahkan insentif secara simbolis kepada para imam masjid dan guru ngaji. Termasuk pemberian bantuan kepada para siswa siswi dari kalangan santri.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Puncak Hari Santri Nasional (HSN) 2023 digelar di Lapangan Asri Bumiayu, Kecamatan Bumiayu, Minggu 22 Oktober 2023. Ribuan santri ikut memeriahkan puncak peringatan Hari Santri tahun ini.

Dalam upacara itu, Pj Bupati Brebes Urip Sihabudin menjadi pembina upacara. Selain dihadiri sejumlah ulama dan kalangan pengasuh pondok pesantren, Baznas serta pengurus PCNU Kabupaten Brebes. Hadir juga sejumlah anggota DPRD Brebes.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Brebes membacakan sambutan Menteri Agama RI, yang dalam isinya bahwa Santri adalah tonggak utama dalam perjuangan untuk mencerdaskan bangsa dan memajukan negeri ini. Termasuk soal jihad.

Di mana jihad santri bukanlah jihad dengan senjata, melainkan jihad dengan ilmu pengetahuan, kebijaksanaan, dan akhlak yang luhur.

BACA JUGA:Keren! 80 Peserta di Brebes Ikut Lomba Tahfidz Qur'an

BACA JUGA:1.400 Santri Brebes Berkumpul di Tuk Sirah Pemali Paguyangan, Ada Apa ya?

Selain menggelar upacara, diperingatan hari santri juga dilakukan pemberian insentif secara simbolik kepada para imam masjid dan guru ngaji. Termasuk pemberian bantuan kepada para siswa siswi dari kalangan santri.

Usai memimpin upacara, Pj Bupati Urip Sihabudin menyampaikan bahwa santri tidak hanya milik pondok pesantren. Akan tetapi santri menjadi aset bangsa. Untuk itu, Urip meminta para santri di Kabupaten Brebes, untuk bisa menjadi tenaga moral dari akhlak masyarakat.

"Apalagi teknologi saat ini sudah semakin masif. Maka kami berharap yang menjaga moral bangsa ini, tentulah para santri untuk berperan," ujarnya.

Sementara Anggota Fraksi PKB Mustolah, yang sekaligus sebagai ketua panitia HSN 2023 tingkat Kabupaten Brebes mengaku bangga puncak Hari Santri Nasional ini bisa berjalan lancar. Di mana, peringatan Hari Santri menjadi pertanda kesemangatan yang utuh sebagai santri penerus juang pahlawan kemerdekaan.

"Kami jaka para santri untuk ikut serta mempertahankan keutuhan NKRI jangan sampai terpecah belah. Ini semangat santri sebagai generasi penerus bangsa," pungkasnya.(*)

Sumber: