3 Penyebab Mahalnya Biaya Perawatan Mobil Matic, Yakin Masih Pengin Beli?

3 Penyebab Mahalnya Biaya Perawatan Mobil Matic, Yakin Masih Pengin Beli?

Kenapa mobil matic lebih mahal perawatannya-freepik | peoplecreations-

Benarkah mobil matic lebih mahal perawatannya?

Secara umum, mobil matic memang cenderung memiliki biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan dengan mobil manual. Namun, hal ini tidak berarti bahwa biaya perawatan mobil matic selalu lebih mahal. 

Terdapat beberapa faktor yang dapat memengaruhi biaya perawatan mobil matic anda, seperti jenis mobil, jarak tempuh, dan gaya berkendara.

Tips menjaga biaya perawatan mobil matic

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu anda mengelola biaya perawatan mobil matic anda dengan lebih efisien:

1. Lakukan perawatan rutin

Mengikuti jadwal perawatan yang disarankan dalam buku manual mobil matic anda adalah langkah penting. Hal ini mencakup penggantian oli transmisi, filter oli transmisi, serta kampas kopling (jika mobil matic anda menggunakan transmisi CVT). 

BACA JUGA:Anti Kropos! Spesifikasi Yamaha Nouvo, Motor Matic Pertama Incaran para Kolektor

Perawatan rutin ini dapat membantu menjaga mobil matic anda dalam kondisi prima.

2. Berkendara dengan halus

Pengemudian yang kasar seperti akselerasi dan pengereman yang mendadak dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil matic. Oleh karena itu, kendara dengan lembut, hindari perubahan kecepatan yang tiba-tiba, dan pengereman yang kasar.

3. Gunakan oli transmisi berkualitas

Pastikan anda selalu menggunakan oli transmisi yang sesuai dengan spesifikasi mobil. Oli transmisi berkualitas dapat membantu melindungi komponen mobil matic dari kerusakan.

Kesimpulan

Mobil matic memang memiliki biaya perawatan yang cenderung lebih tinggi dibandingkan mobil manual. Namun, hal ini tidak menjadikan mobil matic tidak layak untuk dimiliki. 

Sumber: