720 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pemilu 2024 Hingga Penetapan Hasil

720 Personel Gabungan Diterjunkan Amankan Pemilu 2024 Hingga Penetapan Hasil

Simulasi Sispamkota diperagakan dalam apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata 2023 di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Jajaran Polres Tegal Kota akan mengerahkan ratusan personel gabungan dalam operasi Mantap Brata 2023. Mereka akan bertugas mengamankan tahapan Pemilu 2024 mulai hari ini hingga tahun depan.

Menandai pelaksanaan operasi Mantap Brata 2023, Polres Tegal Kota menggelar apel gelar pasukan yang berlangsung di Jalan Pancasila Kamis 19 Oktober 2023 siang. Kegiatan juga diwarnai dengan simulasi sistem pengamanan kota dalam rangka pengamanan Pemilu 2024.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi didampingi Walikota Tegal Dedy Yon Supriyono serta Dan Lanal Tegal Letkol Laut (P) Adi Surono menjadi pimpinan Apel dalam kegiatan tersebut. Hadir antara lain Ketua DPRD Kota Tegal Kusnendro dan sejumlah pejabat lainnya.

Usai kegiatan, Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi mengatakan apel gelar pasukan dilaksanakan dalam rangka operasi Mantap Brata 2023. Itu, akan berlangsung selama 222 hari mendatang.

Baca Juga: Pekan Depan, Polri Mulai Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu 2024

"Mulai hari ini tahapan Pemilu kita amankan. Dari logistik, personel, sarpras dan tahapan, sampai nanti penghitungan dan penetapan hasilnya,"katanya.

Menurut Kapolres, pada kegiatan apel gelar pasukan Operasi Mantap Brata, pihaknya juga memperagakan bagian dari pengamanan Sispamkota. Hal itu, dilakukan untuk menjaga Kota Tegal agar tetap aman dan kondusif menjaga dari semua eksalasi ancaman yang ada. 

"Karenanya, kami mengimbau kepada masyarakat selama Pemilu tetap menjaga situasi yang kondusif. Bersama-sama melaksanakan pesta demokrasi dengan tertib,"ujarnya.

Kapolres menegaskan, dalam operasi Mantap Brata 2023 kali ini pihaknya menerjunkan personel gabungan. Terdiri dari personel Polisi 450 orang, TNI dan unsur lainnya 150 orang serta Linmas sebanyak 120 orang.

Baca Juga: Simulasi Pengamanan Pemilu 2024: Kantor KPU Kota Tegal 'Digeruduk' Warga

Kapolres menambahkan, pada tahap TPS pihaknya sudah menyiapkan sejumlah strategi. Antara lain, pemetaan kategori TPS yang ada.

"Ada 3 kategori TPS, yakni aman, rawan dan sangat aman. Itu, sudah kita ploting dalam rangka tahapan Pemilu 2024,"pungkasnya. (*)

Sumber: