Pekan Depan, Polri Mulai Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu 2024

Pekan Depan, Polri Mulai Gelar Operasi Mantap Brata Amankan Pemilu 2024

Rakor linsek jelang Operasi Mantap Brata 2023 di Kota Tegal--

RADAR TEGAL - Menjelang pelaksanaan Pemilu 2024, jajaran Kepolisian Republik Indonesia (Polri) bakal menggelar operasi Mantap Brata 2023 di seluruh wilayah Indonesia, salah satunya Kota Tegal. Kegiatan itu, bakal digelar mulai pekan depan hingga selesai.

Sebagai persiapan operasi Mantap Brata tersebut, jajaran Polres Tegal Kota menggelar rapat koordinasi (rakor) lintas sektoral, Kamis 12 Oktober 2023 siang. Kegiatan dihadiri Forkopimda, Ketua KPUD, Ketua Bawaslu, Kepala Instansi terkait, perwakilan Parpol, Tokoh Agama dan Masyarakat, Perwakilan Ormas serta pihak terkait lainnya.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi mengatakan kegiatan rakor merupakan persiapan pelaksanaan operasi Mantap Brata 2023. Di mana kegiatan tersebut akan berlangsung mulai 19 Oktober 2023 mendatang.

"Jajaran Kepolisian mulai 19 Oktober 2023 akan melaksanakan Operasi Mantap Brata 2023 - 2024. Itu, untuk pengamanan Pemilu 2024,"katanya.

Baca Juga: Simulasi Pengamanan Pemilu 2024: Kantor KPU Kota Tegal 'Digeruduk' Warga

Karenanya, kata Kapolres, pihaknya menggelar rakor lintas sektoral sebagai persiapannya. Tujuannya, untuk membahas persiapan oeprasi yang digelar untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan tahapan Pemilu 2024. 

"Harapannya nanti akan terwujud sinergitas dan koordinasi yang baik. Utamanya, dalam menghadapi setiap tantangan, hambatan dan gangguan yang mungkin terjadi,"jelas Kapolres.

Selain membahas persiapan Operasi Mantap Brata, Kapolres juga mengingatkan kepada semua pihak untuk mengantisipasi berita-berita hoaks. Sebab, itu dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

"Karenanya, TNI-Polri harus bersinergi dengan semua pihak. Baik instansi pemerintah, lembaga penyelenggara pemilu dan masyarakat di Kota Tegal,"tandasnya.

Dengan sinergi itu, imbuh Kapolres, semua pihak dapat menjalankan tugas pokok, fungsi dan peranannya secara lebih efektif. Agar dapat mewujudkan Pemilu yang aman, damai dan bermartabat. (*)

Sumber: