Galbay Pinjol? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Jeratan Pinjol

Galbay Pinjol? Jangan Panik, Begini Cara Mengatasi Jeratan Pinjol

Cara Mengatasi Jeratan Pinjol | Foto: Grid.ID--

RADAR TEGAL – Pinjol  atau  pinjaman online merupakan salah satu cara instan yang kini banyak digunkan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Bagi Anda yang sudah terlanjur masuk dari jeratan pinjol, berikut ini cara mengatasi jeratan pinjol.

Tahukah Anda bahwa tagihan dari pinjol  ini sering kali membuat resah, bahkantidak jarang membuat stres, terlebih apabila bunganya besar dan tenornya cukup singkat.

Memang tidak ada salahnya jika  memanfatkan kemudahan dari  layanan pinjol  ini, asalkan Anda bisa  membayar cicilan dengan rutin.

Bagi Anda sudah terlanjur galbay, melansir dari ocbsnisp.com berikut cara mengatasi jeratan pinjol.

BACA JUGA: Mau Lepas dari Jeratan Hutang Pinjol? Lakukan 5 Cara Efektif Ini dan Jangan Salah Pilih Metode Pelunasannya

Cara Mengatasi Jeratan Pinjol

1. Perlu Menghindari Gali Lubang Tutup Lubang

Anda tidak diperbolehkan gali lubang tutup lubang yang berarti mengajukan pinjaman baru untuk membayar pinjol yang sudah jatuh tempo.

Meskipun hal tersebut bisa menyelesaikan masalah pertama, namun hal ini tidak akan membuat Anda terbebas dari jeratan pinjol. Karena, masalah yang sama pun akan terulang kembali.

2. Menghubungi Perusahaan Pinjol

Apabila Anda merasa tidak nyaman karena terus dihubungi oleh nomor telepon pinjol. Maka usahakan Anda tidak menghindarinya seperti mengganti  nomor telepon atau bahkan memblokir nomor  pinjol.

Ada baiknya, Anda sampaikan saja secara baik-baik bahwa Anda akan membayar namun sampaikan juga kondisi keuangan dan rencana pembayaran tunggakan hutang tersebut.

Atau Anda juga bisa menghubungi kontak perusahaan ssecara langsung untuk dapat menceritakan kondisi  keuangan secara transparan.

Apabila Anda ingin dipercaya, maka sertakan juga bukti kredibelnya, ya. Dengan begitu, Anda mempunyai alasan kuat untuk mengajukan keringanan bayar.

BACA JUGA: Pinjol Telat Bayar Apa Saja Risikonya bagi Nasabah? Ternyata Gak Cuma Denda, Banyak Juga Akibat Buruk Lainnya

3. Ajukan Restrukturisasi Kredit

Cara terlepas dari pinjol selanjutnya yakni dengan mengajukan restrukturisasi kredit yang merupakan sebuah program yang digunakan dalam meringankan angsuran kreditur untuk menghindari kredit macet.

Program ini tidak hanya berlaku untuk Bank  saja. sebab, OJK diketahui telah memberikan izin bagi penyelenggara pinjol resmi untuk  memberikan keringanan tersebut kepada krediturnya.

Adapun bentuk program ini biasanya berbentuk potongan denda, bunga cicilan,  atau perpanjangan tenor pinnjaman, tergantung dari masing-masing perusahaan.

4. Mulai Kumpulkan Dana untuk Membayar Utang

Apabila negosiasi sudah berhasil dilakukan dan Sobat OCBC NISP mendapatkan keringanan, maka cara lepas dari pinjol selanjutnya adalah mengumpulkan dana.

Pertama-tama, Sobat OCBC NISP bisa mengurangi biaya kebutuhan sehari-hari, misalnya mengurangi beli makan di luar rumah, menghindari pembelian barang yang kurang penting, menghemat listrik, dan sebagainya.

Jika ternyata dengan berhemat belum cukup untuk mengumpulkan dana yang dibutuhkan, berikut adalah beberapa solusi yang bisa dilakukan.

  1. Mencari pekerjaan sampingan
  2. Menjual barang dan aset

BACA JUGA: Punya Kendala saat Membayar Pinjol? Lakukan 5 Tips Ampuh dan Jitu Ini untuk Menyelesaikannya

5. Prioritaskan Hutang dengan Bunga Besar

Apabila Anda mempunyai utang lebih dari  satu, maka Anda perlu memprioritaskan hutang dengan  bunga paling besar.

Anda juga dapat menuliskan pokok kredit, bunga, tenor, dan jumlah cicilan perbulan untuk masing-masing utang, ya.

Apabila sudah dibuat daftarnya, maka  fokuslah untuk membereskan utang dengan kredit pokok terbesar.

BACA JUGA: 5 Cara Melunasi Hutang Pinjol yang Sudah Menggunung, Jangan Sampai Diteror DC Lapangan

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi jeratan pinjol. Semoga bermanfaat. (*)

 

Sumber: