5 Faktor Barang China Bisa Dijual di Indonesia dengan Harga Murah, Begini Dampak Positif dan Negatifnya

5 Faktor Barang China Bisa Dijual di Indonesia dengan Harga Murah, Begini Dampak Positif dan Negatifnya

Kenapa barang china bisa dijual di indonesia dengan harga murah?-freepik | user6702303-

a. Menyulitkan industri lokal

Meskipun konsumen mendapat manfaat dari harga yang terjangkau, produsen lokal mungkin menghadapi kesulitan bersaing. Mereka harus berjuang melawan produk China yang lebih murah.

b. Penurunan kualitas produk

Dalam upaya menekan biaya produksi, beberapa produsen China mungkin mengurangi kualitas produk. Ini dapat menyebabkan penurunan kualitas barang-barang yang tersedia di pasaran.

c. Meningkatkan polusi lingkungan

Tekanan untuk menghasilkan barang dalam jumlah besar dengan biaya rendah dapat menyebabkan dampak negatif pada lingkungan. Produksi yang besar dapat menyebabkan polusi lingkungan yang lebih tinggi.

Kesimpulan

Harga yang terjangkau dari barang China di pasar Indonesia dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti biaya produksi yang rendah, skala produksi besar, infrastruktur yang memadai, subsidi pemerintah, dan strategi dumping. Namun, ada dampak positif dan negatif yang harus dipertimbangkan. 

BACA JUGA:Akselerasi Pertumbuhan Ekonomi Wilayah, Pemerintah Kembangan KEK Industri MRO Pesawat Udara dan Digital

Sementara konsumen mendapat manfaat dari harga yang terjangkau, produsen lokal mungkin menghadapi tantangan dalam bersaing, dan kualitas produk mungkin terpengaruh. Selain itu, penting untuk mencari keseimbangan antara harga terjangkau dan dampak lingkungan.(*)

 

Sumber: