Festival Film Tegal 2023, Bupati Beri Anugerah 13 Peserta Terbaik

Festival Film Tegal 2023, Bupati Beri Anugerah 13 Peserta Terbaik

Bupati Tegal Umi Azizah memberikan anugerah di puncak Festival Film Tegal 2023.-Hermas Purwadi-

RADAR TEGAL - Bupati Tegal Umi Azizah beri anugerah kepada 13 peserta terbaik Festival Film Tegal 2023. Penyerahan anugeraj dilangsungkan dalam acara Malam Puncak Penganugerahan Festival Film Tegal 2023 di Gedung Dadali, Sabtu 14 Oktober 2023

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Tegal Dra Nurhayati MM menyatakan, ini merupakan kali ke empat Festival Film Tegal digulirkan Dinas Kominfo Kabupaten Tegal. Kali ini bekerjasama dengan Sinema Pantura. 

Nurhayati menyebut untuk tema Festival Film Tegal 2023 adalah 'Eskalasi' atau situasi yang meningkat menjadi lebih besar atau lebih serius.

"Kegiatan ini digelar dalam upaya memberikan ajang atau wadah bagi gerenasi muda dan pelajar, serta mahasiswa dan komunitas sineas Tegal untuk terus berkarya dan kreatif dalam menghasilkan karya-karya film yang menarik dan berkualitas," ujar Nurhayati.

BACA JUGA:KIM Desa Kandang Pemalang Juara Lomba Film Pendek Tingkat Jateng Berhadiah Total 50 Juta

Dia berharap melalui ajang FFT ini akan lahir sineas sineas muda berbakat dalam bidang perfilman sebagai modal sumber daya kreatif, sekaligus untuk membangkitkan sub sektor industri kreatif lainnya. 

"Adapun rangkaian kegiatan FFT diawali dengan kelas kreatif sekaligus pembukaan FFT 2023 secara virtual oleh Bupati Tegal 27 Agustus 2023 lalu, dengan menghadirkan narasumber sutradara film Ginanti Rona dan penulis skenario Lailanurazizah," cetusnya.

Rangkaian dilanjut dengan pendaftaran peserta FFT yang dibuka 3 Agustus hingga 22 September 2023. Dimana jumlah pendaftar yang mengikuti FFT sejumlah 29 film.

Rinciannya, film pelajar 10, film umum 16, dan film animasi sebanyak 3. "Dari 29 film tersebut berasal dari Kabupaten Tegal 15 film, Kota Tegal 5 film, Kabupaten Brebes 8 film, dan Kabupaten Pemalang 1 film. Kegiatan FFT dirangkai dengan pemutaran film," ungkapnya.

BACA JUGA:Wawancara Film Dokumenter Jessica Wongso yang Dipotong Timbulkan Sejuta Tanya, Seperti Apa Ceritanya?

Agenda pemilihan film favorit dilakukan di Gedung Dadali pada 8 Oktober 2023, yang turut dihadiri penggiat film Purbalingga. Sempat pula digelar diskusi dengan penggiat film di Kabupaten Tegal, serta sharing dan berbagi informasi tentang festival film. 

"Untuk pemilihan 5 pemenang FFT 2023 dipilih oleh dewan juri profesional di bidangnya. Seperti Achmad Romie ( sutradara), Kelvin Nugroho ( editor film) , dan Ginanti Rona ( sutradara). Dan di puncak malam penganugerahan FFT 2023 ada 13 anugerah yang diberikan oleh Bupati Tegal," tegasnya. (*)

Sumber: