Tahun Politik, Ketua PCNU Brebes: Kami Netral

Tahun Politik, Ketua PCNU Brebes: Kami Netral

Ketua PCNU Kabupaten Brebes, KH. Sholahudin Masruri.(istimewa)--

RADAR TEGAL - Menghadapi tahun poliitik 2024 mendatang, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Brebes menegaskan netral. Hal itu sesuai arahan dari PBNU.

Ketua PCNU Kabupaten Brebes, KH. Sholahudin Masruri menegaskam, sikap PCNU di Pemilu 2024 mendatang akan bersikap netral. Serta tidak akan melakukan penggiringan kepada salah satu calon, baik caleg, capres maupun calon kepala daerah.

Meski begitu, Gus Sholah sapaan akrabnya, mengajak seluruh pengurus untuk mensukseskan Pemilu. Ini karena, pemilu merupakan sebuah konstitusi bernegara dalam menanamkan jiwa demokrasi.

"Maka semua santri yang punya hak memilih untuk ikut serta mensukseskan Pemilu 2024. Dimana santri harus mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati oleh pemerintah yakni menentukan hak pilihnya sebagai warga negara," ungkapnya, Jum'at 13 Oktober 2023

BACA JUGA:Keren! 80 Peserta di Brebes Ikut Lomba Tahfidz Qur'an

Dia menegaskan kembali, di dalam Pemilu, NU masih mempertahankan kesepakatan berdaulat, Nahdlatul Ulama akan mengikuti pemerintah. Namun, secara kepengurusan Nahdatul Ulama tidak akan melakukan penggiringan kepada santri maupun kader NU untuk mendukung salah satu calon baik itu di pileg, pilpres maupun pikkada.  

Terkait adanya politik untuk mendukung salah satu calon yang masuk ke dalam pondok pesantren, dia menegaskan itu dilakukan perorangan dari pada kyai yang menjadi pengasuh pondok pesantren. Dan dipastikan bukan atas nama lembaga Nahdlatul Ulama.  

"Apalagi secara lembaga NU adalah milik umat yang memiliki tanggung jawab dan kewajiban mensosialisasikan hak pilih secara demokrasi. Meski netral, kami tetap mengajak kepada kader untuk menentukan hak pilihannya masing-masing," pungkasnya. (*)

Sumber: