Siswa SD Hingga SMP di Tegal Diajak Cegah Bullying di Sekolah

Siswa SD Hingga SMP di Tegal Diajak Cegah Bullying di Sekolah

Bhabinkamtibmas Polres Tegal Kota menyampaikan imbauan agar tidak melakukan bullying di sekolah--

RADAR TEGAL - Maraknya kasus bullying di sekolah membuat keprihatinan sejumlah pihak. Tidak mau kasus itu terjadi di wilayahnya, jajaran Polres Tegal Kota terus menggencarkan kampanye di sekolah-sekolah.

Kapolsek Tegal Timur Kompol Suratman mengatakan, bullying atau perundungan adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan. Itu, dilakukan dengan sengaja dan biasanya, terjadi di lingkungan sekolah.

"Para pelaku yang biasanya individu ataupun kelompok tujuannya menyakiti atau mengintimidasi. Ini tentunya akan berdampak negatif terhadap korban,"terangnya.

Menurut Kapolres, pihaknya terus melakukan roadshow ke sekolah-sekolah untuk mengajak para siswa tidak melakukan aksi bullying di sekolah. Selain itu, dalam kesempatan tersebut pihaknya juga memberikan materi dan sosialisasi tentang pencegahan kenakalan remaja.

Baca Juga: Cegah Kasus Perundungan Pelajar, Polisi di Tegal Keliling ke Sekolah-sekolah

"Ini penting kita sampaikan, karena dampaknya sangat buruk. Salah satunya dapat merusak kepercayaan diri serta menghambat perkembangan akademik dan sosial pada si korban,"tandasnya.

Selanjutnya, kata AKp Suratman, pihaknya berpesan kepada para pelajar, agar tidak terjerumus fenomena kasus bullying di sekolah dan tawuran antar pelajar. Serta jenis kenakalan remaja lainnya.

"Sebab, banyak kegiatan positif, baik itu di sekolah maupun di luar sekolah yang dapat dilakukan. Seperti kegiatan ekstrakurikuler yang lebih bermanfaat untuk masa depan para pelajar,"jelasnya. (*)

Sumber: