Cegah Kasus Perundungan Pelajar, Polisi di Tegal Keliling ke Sekolah-sekolah

Cegah Kasus Perundungan Pelajar, Polisi di Tegal Keliling ke Sekolah-sekolah

Kapolsek Tegal Barat menyampaikan imbauan kepada siswa agar tidak terlibat kasus perundungan pelajar--

RADAR TEGAL - Kasus perundungan terhadap pelajar yang terjadi di salah satu daerah mengundang keprihatinan sejumlah pihak, termasuk jajaran Polres Tegal Kota. Tak mau itu terjadi di wilayahnya, mereka rutin memberikan imbauan ke sekolah-sekolah yang ada.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jaka Wahyudi melalui Kapolsek Tegal Barat Kompol Aris Heriyanto mengatakan selama ini pihaknya secara rutin terjun langsung ke sekolah. Itu, pihaknya lakukan untuk mencegah terjadinya kasus perundungan dan tawuran pelajar.

"Kita sudah memberikan imbauan baik kepada orang tua melalui Bhabinkamtibmas maupun ke sekolah-sekolah secara langsung,"katanya.

Menurut Kompol Aris, melalui kegiatan tersebut, pihaknya berharap para guru dapat membimbing siswanya agar tidak terlibat dalam kasus perundungan pelajar. Selain itu, pihaknya juga meminta agar sekolah bisa mengoptimalkan fungsi pengawasan. 

"Serta memberikan batasan agar para siswa-siswi bisa terpantau dengan baik,"ujarnya.

Kapolsek menambahkan upaya mencegah terjadinya perundungan, tidak hanya dilakukan pihak sekolah saja. Tetapi, juga perlu peran serta orang tua masing-masing.

"Karena dalam mengawasi tumbuh kembang remaja bukan hanya di sekolah saja. Peran orang tua sangatlah penting,"jelasnya.

Sebelumnya, Kasat Binmas AKP Didik Guntoro menjelaskan sekolah merupakan tempat belajar dan menimba ilmu serta membangun mental kepribadian juga budi pekerti. Karenanya, perlu ada pemahaman dan pendidikan karakter bagi anak-anak sejak kecil.

"Saat ini, ada kecenderungan saling mengejek, mengerjai teman dan lainnya. Semua itu seperti sudah menjadi gaya hidup populer saat ini,"kata AKP Didik.

Hal itulah, kaya AKP Didik, yang merupakan salah satu penyebab sering terjadinya kasus perundungan pelajar yang sangat memprihatinkan dan perlu perhatian serius dari semua pihak. Karenanya, melalui edukasi dan pembinaan tersebut dapat menumbuhkan kedisiplinan para siswa. 

"Sehingga, para siswa akan selalu menghormati orang tua dan juga guru, saling menyayangi serta membantu antar sesama teman dalam hal kebaikan,"tandasnya. ***

Sumber: