Jangan Salah Pilih! Ini 4 Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal

Jangan Salah Pilih! Ini 4 Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal

Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal.--

RADAR TEGAL – Berkembangnya teknologi finansial telah membuat penyedia jasa pinjaman online semaik banyak, baik pinjol legal atau pun ilegal. Berikut tips terhindari dari pinjol ilegal.

Umumnya, penyedia jasa pinjol ini memberikan akses mudah dan tidak seperti pengajuan pinjaman di bank yang harus antre, calon peminjam pinjol hanya perlu duduk manis  di  rumah dan semua transaksi bisa dilakukan secara digital.

Adanya kemudahan tersebut, Anda tetap harus berhati-hati, ya. Sebab, kini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang mendirikan pinjol ilegal dan belum terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BACA JUGA: Anti Ribet, Yuk Intip Daftar Pinjol Tanpa BI Checking Pasti Cair

Tips Terhindar dari Pinjol Ilegal

1.      Lihat Transparansi Bunga

Saat ingin menggunakan jasa layanan pinjol, maka Anda perlu membaca dan memperhatikan secara detail mengenai syarat, ketentuan, dan kebijakan penyedia pinjol.

Dalam pengajuan pinjaman, baik offline atau online, pasti terdapat besaran bunga yang harus Anda bayarkan.

Oleh karena itu, ketika Anda menggunakan jasa layanan  pinjol, pastikan bahwa informasi suku bunga dan tenor pada pinjol tersebut transpara dari awal.

Sehingga, Anda bisa melakukan kalkulasi  sendiri dalam melakukan pengambilan pinjaman.

2.      Cek Legalitas Pinjol  pada Website Resmi OJK

Tips berikutnya supaya terhindar dari pinjol ilegal yakni dengan mengecek terlebih dahlu website resmi OJK. Pastikan bahwa perusahaan pinjol yang akan Anda gunakan sudah terdaftar sebagai fintech peer to  peer lending atau tidak, ya.

Apabila fintech tersebut tidak terdapat dalam daftar OJK, maka sebaiknya urungkan niat Nada menggunakan jasa layanan pinjol tersebut.

Jangan sampai  Anda terkecoh hanya karena terdapat logo  OJK pada aplikasi tersebut, ya.

3.      Pastikan Rekam Jejak Digitalnya

Untuk terhindar dari peristiwa yang tidak  Anda inginkan seperti kebocoran data pribadi ke instuti ilegal, maka sebaiknya Anda memeriksa terlebih dahulu  legalitas dan rekam jejak digital pinjol yang akan Anda gunakan, ya.

Jadi, passtikan terlebih dahulu pemilik dan alamat kantor layanan pinjol tersebut.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan perbandingan perusahaan pinjol dengan membaca ulasan para pengguna aplikasi.

Apabila banyak revie positi dan rantingnya tinggi, maka aplikasi tersebut bisa menjadi  salah satu pertimbangkan untuk Anda.

4.      Jangan Tergiur pada Ajakan yang Memaksa

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan yakni harus berhati-hati dengan iklan yang berupa ajakan memaksa.

Biasanya, pinjaman online ilegal ini menawarkan pinjaman melalui SMS atau dengan memasang iklan spam di halaman-halaman website.

Kebanyakan pinjol ilegal mengirimkan pesan berupa kata-kata dan angka serta menyematkan link dengan menggunakan nomor pribadi. Jika Anda mendapati iklan seperti itu, pastikan membaca dengan teliti, dan jangan klik link yang ada.

Segera laporkan nomor tersebut kepada pihak yang berwenang.

BACA JUGA: Ternyata Ini Cara Mengatasi KTP yang Disalahgunkan untuk Pinjol

Demikian ulasan mengenai tips terhindari  dari  pinjol ilegal. Semoga bermanfaat.***

Sumber: