Pinjol Legal Tak Boleh Sembarangan Pakai Kontak Darurat, Begini Cara Agar Akses Kontak HP Anda Aman

 Pinjol Legal Tak Boleh Sembarangan Pakai Kontak Darurat, Begini Cara Agar Akses Kontak HP Anda Aman

P:injol legal dilarang menggunakan kontak darurat untuk menagih nasabahnya, apalagi memakainya untuk mengancam dan mengintimidasi.--

RADAR TEGAL - Risiko nasabah galbay akan ditagih pihak P2P lending melalui pihak ketiga. Meski demikian pinjol legal tidak boleh sembarang pakai kontak darurat.

Ketika nasabah galbay pihak perusahaan menghubungi para pihak emergency contact diingatkan debitur membayar utang. Tetapi pinjol legal tidak boleh sembarang pakai kontak darurat.

Ulah DC pinjol legal kerap bikin resah, lantaran memang pihak emergency contact tidak pernah menyetujui menjadi  kontak darurat. Hal itu terungkap lewat media sosial akun X yang dulu bernama Twitter dan salah satu pengguna akun X@ mulicious dikutip 19 September 2023 lalu.

Akun X@ mulicious menyebut 3 tahun tidaj ada urusan, tiba-tiba nomornya dijadikan emergency contact. Tiba-tiba nomornya digunakan sebagai kontak darurat ole salah satu aplikasi pinjol legal.

BACA JUGA:3 Jurus Ampuh Menghadapi DC Lapangan Pinjol yang Meneror Anda, Tak Perlu Panik Cukup Lakukan Hal Ini

"Wes 3th ga ada urusan, tiba tiba di chat pinjol, ternyata nomorku dijadikan emergency contact," kata @mulicious_ di Twitter dikutip, Selasa 19 September 2023.

Akun X @auliaafifahje tidak kalah berkomentar mengatakan nomor pribadi dipakai buat emergency contact pinjol ngaku sebagai rekan kantor  dan entah  dari kurir yang mana.

"Nomor pribadi gua dipake kurir buat jadi emergency contact pinjol ngaku sebagai rekan kantor. entah juga kurir yg mana. hadeehhh," kata @auliaafifahje.

Tagih utang lewat emergency contact

Maraknya emergency contact dijadikan kontak darurat oleh pinjol legal membuat Otoritas Jasa Keuangan angkat bicara. OJK menyebut perusahaan fintech legal terdaftar sebagai Pelaku Usaha Jasa Keuangan(PUJK), tidak seharusnya melakukan penagihan utang lewat emergency contact

Menurut Kepala Eksekutif Pengawas Perilaku Pelaku Usaha Jasa Keuangan, Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, Frederica Widyasari Dewi. Mengatakan cara  penagihan dengan menggunakan kontak yang tidak bersangkutan  berarti ilegal.

BACA JUGA:Pinjol Bunga Rendah Aman Tidak Bikin Jantung Copot karena Tak Ada DC Lapangan, Serbu Buruan

Atau dengan kata lain bahwa pihak harus memberikan persetujuan secara langsung dan tidak  hanya persetujuan peminjam saja.

Cara agar pinjol legal tak akses kontak HP

Kontak HP yang kerap dijadikan emergency contact atau kontak darurat oleh peminjam pinjol. Itulah mengapa penting cara cerdas agar pinjol tidak lagi akses kontak HP

Tanpa persetujuan terlebih dahulu kerap menjadi bumerang yang biasanya, pihak perusahaan pinjol akses kontak darurat. Akses kontak hanya sekedar mengirimkan pesan berisi teguran agar membayar cicilan kredit macet.

Tentu saja membuatnya malu sudah pasti merasa tidak nyaman, Tetapi tenang saja, radartegal.disway.id akan memberikan sejumlah tips agar pinjol tidak bisa akses kontak HP.

1. Hindari Kontak Darurat

Salah satu cara cerdas agar pinjol legal tidak lagi mengakses kontak HP, adalah dengan menghindari kontak darurat saat pertama kali mendaftar. Pastikan tidak memasukkan nomor kerabat, teman dekat, atau nomor keluarga, karena dengan langkah ini pihak P2P lending

Tidak akan menghubungi kontak darurat terdiri dari nomor kerabat, teman deat atau nomor keluarga sebagai pihak emergency contact. Biasanya, jika nasabah mengalami gagal bayar oleh pihak perusahaan P2P lending akan menghubungi kontak darurat.

2. Lunasi Utang

Bukan hanya menghindari kontak darurat saja melainkan pula  dengan melunasi utang sesegera mungkin. Langkah tersebut agar pinjol tidak lagi akses kontak HP, maka harus membayar sesuai tanggal ditetapkan kemudian lewat cara ini tidak lagi diteror pihak pinjol

3. Unduh dan Gunakan Pinjol Resmi

Hal lain dalam cara cerdas agar pinjol tidak  lagi akses kontak HP dengan memastikan mendaftar melalui pinjol resmi dan terdaftar di OJK. Apabila pendaftaran melalui pinjol resmi dan memilik izin akan membuat proses pencairan  aman serta terpercaya

4. Ganti Kartu SIM Baru

Selain menghindari dan tidak memasukkan nomor-nomor keluarga sampai kerabat dekat ke kontak darurat. Langkah terakhir dengan mengganti kartu  SIM  dengan nomor baru bakal pinjol tidak bisa menghubungi kontak lagi.

BACA JUGA:Jasa Joki Galbay Pinjol Bisa Bantu Lunasi Hutang, tapi 3 Hal Ini yang akan Terjadi Setelahnya

Itulah tadi pembahasan pinjol tidak boleh sembarang pakai kontak darurat dan agar tidak lagi dihubungi pinjol legal. Yakni menghindari kontak darurat saat pertama kali mendaftar, atau bisa juga melunasi utang segera mungkin dan langkah ini membuat pihak pinjol tidak hubungi lagi. (*)

Sumber: