Kenali 5 Perbedaan Pinjol dan Kartu Kredit, Mirip-mirip Tapi Tak Sama

Kenali 5 Perbedaan Pinjol dan Kartu Kredit, Mirip-mirip Tapi Tak Sama

Perbedaan Pinjol dan Kartu Kredit--

Secara dasar, pinjaman online tidak jauh berbeda dengan pinjaman dana dari lembaga keuangan offline. Yang membedakan adalah metodenya yang lebih mudah dan cepat.

Untuk mengajukan pinjaman online, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi, mendaftar, menunggu verifikasi, dan kemudian mengajukan pinjaman dengan nominal maksimal yang telah disepakati. 

Namun, Pinjol seringkali terkait dengan masalah penipuan, yang telah merugikan banyak orang baik secara finansial maupun emosional.

Sebelum anda memutuskan pilihan anda, penting untuk mengetahui perbedaan pinjol dan kartu kredit terlebih dahulu.

Proses pengajuan

Perbedaan pinjol dan kartu kredit yang pertama adalah dilihat dari proses pengajuan keduanya.

Pinjol adalah proses pengajuan yang cepat dan mudah. Anda dapat mengajukan pinjaman online dari mana saja dan kapan saja, serta dapat menerima persetujuan dalam waktu singkat. 

Sedangkan, untuk pengajuan kartu kredit memilki proses pengajuan yang lebih lama, persyaratan yang ketat dan biaya lebih besar

Namun, kartu kredit yang telah disetujui dapat anda gunakan untuk berbelanja dan melakukan pembayaran sehari-hari dengan lebih mudah.

BACA JUGA:Galbay Kartu Kredit? Jangan Panik, Ini Cara Dapat Restrukturisasi Kartu Kredit BRI, Catat Syaratnya!

Suku bunga dan biaya

Perbedaan pinjol dan kartu kredit selanjutnya terletak pada suku bunga dan biaya tambahan.

Pinjol biasanya memiliki suku bunga yang lebih rendah daripada kartu kredit, namun pinjol juga memiliki biaya tambahan seperti biaya admin dan denda keterlambatan.

Pada kartu kredit juga memiliki biaya tambahan seperti biaya tahunan, suku bunga dan denda keterlamabatan.

Oleh karena itu, anda perlu mempertimbangkan opsi dengan suku bunga yang paling rendah dan biaya tambahan yang paling minimum.

Sumber: