Jangan Melulu Pinjol, Ada Alternatif Pinjaman di Koperasi dengan Bunga Rendah Bisa Anda Coba!

Jangan Melulu Pinjol, Ada Alternatif Pinjaman di Koperasi dengan Bunga Rendah Bisa Anda Coba!

Jangan Melulu Pinjol, Ada Alternatif Pinjaman di Koperasi dengan Bunga Rendah Bisa Anda Coba!-desain by writer-Canva

RADAR TEGAL - Maraknya penggunaan pinjol sebagai solusi kebutuhan dana darurat berdampak buruk bagi kehidupan masyarakat. Sebenarnya apakah alternatif pinjaman di koperasi dengan bunga rendah mampu menjadi solusi?

Pinjaman di koperasi juga memiliki bunga yang rendah seperti pinjaman online. Pinjaman di koperasi kerap lebih meyakinkan dibandingkan pinjaman online atau pinjol yang bunganya melejit.

Ada banyak kelebihan dan kekurangan melakukan pinjaman online maupun pinjaman di koperasi. Anda bisa memilih sesuai kebutuhan dan kemampuan membayar agar tidak membebani kelak.

Perbedaan antara pinjol dan koperasi

Saat mempertimbangkan kebutuhan dana darurat, penting untuk memahami perbedaan antara meminjam di pinjol dan koperasi. Berikut adalah beberapa poin perbedaan utama:

  • Struktur kepemilikan

Pinjol adalah bisnis swasta yang dimiliki oleh individu atau perusahaan, sedangkan koperasi dimiliki dan dijalankan oleh anggotanya. Biasanya koperasi ada di tengah masyarakat yang diolah perangkat desa atau di sebuah organisasi yang diolah anggotanya.

  • Tujuan

Tujuan pinjol adalah untuk mendapatkan keuntungan maksimal untuk pemiliknya, sementara koperasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan anggotanya.

  • Keadilan

Dalam pinjol, keputusan didasarkan pada keuntungan finansial. Sementara di koperasi, setiap anggota memiliki suara yang setara dalam pengambilan keputusan.

Bagaimana bergabung dengan koperasi?

Biasanya koperasi ada di tengah masyarakat, baik dalam satu desa ataupun satu organisasi. Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan koperasi sebagai solusi finansial, berikut adalah langkah-langkah sederhana untuk bergabung:

  • Temukan koperasi yang sesuai

Cari tau apakah ada koperasi di desa atau organisasi yang Anda ikuti. Pastikan koperasi tempat Anda akan bernaung memiliki track record yang baik dan transparan dalam kegiatan operasionalnya.

  • Daftar sebagai anggota

Setelah menemukan koperasi yang tepat, daftar sebagai anggota dengan mengisi formulir pendaftaran dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh koperasi.

  • Ikut serta dalam pengambilan keputusan

Setelah menjadi anggota, aktiflah dalam kegiatan dan pengambilan keputusan koperasi. Ini adalah cara untuk memastikan bahwa suara Anda terdengar dan kebutuhan Anda terpenuhi.

Jadi apakah solusi alternatif dari pinjol adalah pinjaman di koperasi?

Sumber: